Mohon tunggu...
yuniar prazasari
yuniar prazasari Mohon Tunggu... enjoy with my write

universitas nasional, Fisip Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penerapan New Normal

11 Juli 2020   06:32 Diperbarui: 11 Juli 2020   06:28 3 1 0 Mohon Tunggu...

Polres Purwakarta membantu menyosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal ke masyarakat. Hal ini sesuai dengan program Kapolri di mana polisi harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Polres Purwakarta melalui Satlantas menyasar sosialisasi new normal kepada pengendara kendaraan bermotor. Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Zanuar Cahya Wibowo mengatakan sosialisasi kepada pengendara agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

"Tak hanya sosialisasi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, kami juga untuk memberikan teguran bagi pengguna jalan untuk tertib dan patuhi rambu rambu lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan yang dapat merugikan diri pribadi maupun orang lain," kata Kasatlantas, Selasa (30/6).

Selain itu, kata dia, Satlantas setiap Pagi dan Sore turun langsung untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di Kabupaten Purwakarta. Personel Satlantas Polres Purwakarta turun mengatur di setiap ruas jalan di dalam kota.

Menurut Bowo sapaan akrab Kasat lantas Polres Purwakarta, hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan yang beraktifitas dipagi dan juga sore hari. "Pelayanan pagi dan sore personel Satlantas Polres Purwakarta merupakan program rutin harian yang wajib dilaksanakan. Untuk pagi pada pukul 06.15 WIB, sedangkan untuk sore hari pada 16.30 WIB," ujarnya.

Bowo menambahkan, aktivitas masyarakat di pagi hari banyak yang berangkat bekerja dan di sore hari, aktifitas pengguna jalan juga meningkat lantaran banyak warga yang akan pulang kerumah beristirahat pada sore menjelang malam. "Pengaturan lalulintas ini dilakukan untuk mencegah kemacetan, sekaligus melancarkan keberangkatan dan pulang para pekerja," tambahnya.

Setelah tak bisa keluar rumah selama masa karantina di rumah aja, era new normal kini memungkinkan kamu untuk makan di restoran. Namun bisa makan di restoran bukan berarti kamu bisa melakukan semua hal seperti dulu sebelum pandemi melanda. Berikut ini 9 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan ketika makan di restoran era new normal atau normal baru seperti dilansir dari Taste of Home: Baca juga: Panduan Makan di Restoran pada Era New Normal.

  • Tidak memakai masker'
  • Tidak memerhatikan panduan restoran
  • Makan dengan grup
  • Bayar dengan uang tunai
  • Menggunakan pegangan pintu
  • Diam saya ketika tidak nyaman
  • Memindahkan kursi dan meja tanpa izin
  • Berbagi makanan

Sumber : Kompasiana dan Republika

VIDEO PILIHAN