Mohon tunggu...
yunas dewanta mutik
yunas dewanta mutik Mohon Tunggu... profil menulis artikel

Tulisan dapat merubah dunia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bolehkah Melaksanakan Aqiqah di Bulan Ramadhan?

13 April 2021   13:55 Diperbarui: 13 April 2021   13:57 265 1 0 Mohon Tunggu...

Menjalankan Aqiqah di Bulan Ramadhan
Apakah Anda telah siap bakal bertemu dengan bulan Ramadhan kembali? Bagaimana andai ternyata bulan Ramadhan yang bakal datang ini diduga menjadi bulan kelahiran buah hati Anda?
Nah, sudah tentu Anda bakal mulai menyiapkan seluruh perlengkapannya guna menyambut buah hati kita bukan? Hal beda yang seringkali akan kita pikirkan juga ialah apa hukumnya mengemban Aqiqah di bulan Ramadhan?
Anda tentu telah tahu Aqiqah sangat utama dilakukan pada hari ke-tujuh, ke-14, dan ke-21 hari kelahiran buah hati namun jika dilakukan setelah hari itu tetap diperbolehkan. Dengan kriteria dua ekor domba untuk anak laki-laki dan satu ekor domba untuk anak perempuan. Bagi lebih lengkapnya dapat simak di bawah ini:

Akikah pada saat ramadan datang
Hukum Aqiqah di bulan Ramadhan
Hukum mengemban Aqiqah di bulan Ramadhan telah tentu BOLEH. Hingga ketika ini tidak ada alasan maupun hadist yang tidak mengizinkan untuk mengemban Aqiqah di bulan Ramadhan.
Bahkan ketika Anda hendak mengadakan Aqiqah di bulan Suro dan bulan-bulan lainnya juga tetap diperbolehkan, dicocokkan dengan hari kelahiran anak Anda.
Yang telah jelas dilarang dan tidak diperbolehkan ialah tujuh urusan di bawah ini. Rasullullah SAW bersabda dalam sebuah hadist Riwayar Bukhari dan Muslim yang berbunyi: “jauhilah tujuh dosa yang dapat memusnahkan kita. Para kawan bertanya, “wahai rasulullah, apa sajakah itu?” kemudian, beliau membalas “ syirik untuk Allah; mengerjakan sihir; membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah SWT kecuai Haq; memakan sebuah hal yang riba; memakan harta dan hak anak yatim; Berpaling saat ada perang yang berkecamuk; Menuduh wanita-wanita mengerjakan zina sebenarnya mereka ialah wanita merdeka yang mengawal kehormatan, beriman, dan yang bersih dari zina”. (H.R Bukhari dan Muslim)
Pembagian Daging
Mungkin Anda bakal berpikiran bahwa bulan Ramadhan identic dengan muslim yang sedang berpuasa. Justru ini dapat menjadi ladang pahala guna Anda. Selain dapat berbagi, bersedekah, kita juga dapat memberikannya untuk dicicipi saat berbuka puasa nanti. Jadi mengemban Aqiqah di bulan Ramadhan ini sebetulnya lebih utama di banding hari biasanya. Karena bulan Ramadhan ialah bulan yang istimewa.
Jangan lupa, kita sebagai empunya hajat tidak boleh merasakan lebih dari 1/3 dari daging yang disembelih. Jadi usahakan banyakkan guna berbagi ya.
Paket Aqiqah Kota Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya
Aqiqah ialah sunnah muakadah yang dilaksanakan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur untuk Allah SWT. yang sudah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya pun mengatakan bila aqiqah ialah sebagai format penebusan supaya terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi semenjak lahir.

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah ialah bentuk rasa syukur untuk kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini pun mempunyai tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

Hewan yang dapat digunakan sebagai aqiqah ialah kambing atau domba. Jumlahnya untuk laki-laki ialah 2 ekor dan 1 ekor guna bayi perempuan. Terkait dengan jenis domba jantan atau betina tidak diterangkan dalam haditsnya. Rasulullah melulu mensyaratkan domba yang bertanduk.

Pengolahan Daging Akikah
Dalam pengerjaannya aqiqah akan dimulai dengan pemotongan domba dan di lanjut dengan acara tasyakuran yang didalamnya tergolong sesi pemotongan rambut sang bayi.

Sayangnya pengurusan domba aqiqah mulai dari pemilihan sampai pengolahan menjadi masakan jadi lumayan merepotkan. Terlebih untuk yang waktunya sudah berakhir untuk kegiatan lainnya.

Maka dari tersebut Ridho Aqiqah berkomitmen untuk meluangkan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan cocok kaidah islam tentunya.

Kami bakal menguruskan mulai dari pemilihan domba baik yang berbobot | berbobot | berkualitas terbaik dan telah mengisi hukum islam yang berlaku guna dijadikan domba aqiqah.

Selain tersebut pengolahan daging aqiqah bakal kami masakkan sampai menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.

Semoga bermanfaat.

wasalamualaikum wr wb

Baca Juga : 7 Keutamaan Bulan Ramadhan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x