Mohon tunggu...
yunan dzakiyul fuad
yunan dzakiyul fuad Mohon Tunggu... tampan dan pemberani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030097

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan yang Baik dan Benar saat Liburan?

18 Juni 2021   14:25 Diperbarui: 18 Juni 2021   14:51 174 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Mengatur Keuangan yang Baik dan Benar saat Liburan?
Sumber: tabloidbintang.com

Berlibur merupakan suatu kebutuhan gaya hidup orang lain termasuk kita yang sedang menikmati waktu luangnya ke tempat destinasi wisata. Berlibur juga dapat menghilangkan stress, menambah pengalaman, serta dapat menghilangkan rasa lelah saat bekerja ataupun sekolah yang dapat merusak kebahagiaan diri sendiri. 

Jika sedang berlibur, tentunya kamu harus memiliki budget yang cukup untuk persiapan menghadapi pengeluaran seperti biaya transportasi, penginapan, dan lain -- lain. Dan ketika kamu sedang berlibur bersama teman ataupun keluargamu, pasti kamu tidak ingin kehabisan uang saat berlibur bukan? 

Tentunya hal itu akan sangat menyebalkan, apalagi jika pergi berliburnya ke lokasi yang jauh dari rumah.  Oleh karena itu, kami akan memberikan sedikit tips untuk kamu yang ingin berlibur yang lokasinya jauh dari rumah. Yuk kita simak!

  • Rencanakan Liburanmu Beberapa Hari sebelum Berangkat

Anggaran, fisik, serta tempat yang ingin kamu kunjungi merupakan hal yang sangat vital saat liburan. Apalagi saat kamu berlibur juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu, siapkan dan rencanakan anggaran yang cukup agar kamu tidak kehabisan uang saat liburan. Cara menyiapkannya yaitu pada saat kamu ingin berlibur ditempat yang jauh dan membutuhkan waktu yang lama, kamu setidaknya mulai menabung dari setahun sebelum berangkat liburan. Sebab, berlibur ditempat destinasi wisata yang jauh serta membutuhkan waktu yang cukup lama, dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Dan jika kamu ingin berlibur dengan jarak yang tidak begitu jauh dan membutuhkan waktu yang sebentar, kamu bisa mulai menabung dari 2 -- 3 bulan sebelum berangkat.

Tempat destinasi yang ingin kalian kunjungi juga tidak kalah pentingnya lho! Hal itu supaya kamu tidak bingung saat ingin mengunjungi tempat mana yang ingin dikunjungi. Serta, kamu juga bisa memprediksi biaya tiket masuk ke tempat wisata itu. Misalnya, kamu ingin liburan ke pantai daerah Jawa Tengah, kamu bisa mencari informasi lewat google ada pantai apa saja yang letaknya di Jawa Tengah? Dan membutuhkan biaya berapa untuk masuk ke pantai itu? Serta, agar kamu tidak bingung ketika sudah berada di pantai yang sudah dituju, buatlah rencana agar kamu tidak bingung ingin melakukan apa di pantai itu. Dan masih banyak lagi persiapan -- persiapan yang harus ada.

  • Menyusun Anggaran untuk Berlibur

Menyusun anggaran sebelum liburan merupakan hal yang sangat amat penting lho guys! Karena ada beberapa sebabnya seperti membayar biaya transportasi, biaya makan, penginapan, dan lain -- lain.

Nah, sebelum kamu berangkat, sebaiknya tentukan dulu biaya transportasi yang ingin kamu keluarkan sebelum memulai perjalanan. Misalnya ingin berlibur menggunakan pesawat. Carilah pesawat yang memiliki tiket tidak begitu mahal. Atau mungkin kamu ingin berangkat menggunakan bus, carilah tiket bus yang biayanya murah. Atau kamu ingin berangkat menggunakan mobil, usahakan kamu berkendara dengan santai dan aman agar tidak boros bahan bakar.

Untuk biaya makan, sebaiknya kamu mencari rumah makan yang biayanya murah agar tidak cepat menghabiskan budget yang kamu miliki. Serta untuk penginapan, carilah penginapan yang sedang mengadakan diskon atau mencari penginapan murah.

  • Siapkan Fisik yang Kuat

Ketika berbicara soal kesiapan fisik, kamu seharusnya mengatur pola hidup yang lebih sehat serta memakan makanan yang sehat dan bergizi. Apalagi kalau kamu ingin berlibur ke destinasi wisata yang jauh dari rumah, kamu harus bisa lebih menjaga pola hidup sehatnya. Jika tidak menerapkan pola hidup sehat, nanti kamu bisa beresiko jatuh sakit saat kamu sudah ingin berangkat liburan. Tidak menyenangkan sekali bila kamu jatuh sakit ketika ingin atau sedang berlibur. Dan untuk persiapan yang lebih mantap lagi, bawalah obat -- obatan yang seharusnya dibawa agar kamu bisa mencegah terjadinya hal -- hal yang tidak menyenangkan. Seandainya kamu merasa sakit dan tidak kuat pergi berlibur, sebaiknya kamu mengganti jadwal liburannya seiring dengan proses penyembuhan kamu.

  • Menyiapkan Anggaran tak Terduga

Untuk berjaga -- jaga supaya kamu gak kehabisan uang selama liburan, pastikan kamu memiliki anggaran tak terduga. Karena kita tidak tahu obstacle apa yang akan menghampiri dirimu seperti: pada saat perjalanan, ban mobil yang kamu tumpangi mendadak bocor sehingga harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki ban tersebut, atau mungkin pada saat kamu sampai di tujuan kemudian tempat tujuan yang kamu kunjungi mendadak tutup, yang membuat hal itu kamu terpaksa harus mencari destinasi wisata yang lain dengan biaya yang lebih mahal dari rencana utama kamu. Nah, maka dari itu sebaiknya kamu menyiapkan anggaran kurang lebih 10% dari anggaran utama kamu ya gengs! Supaya kamu tidak kekurangan budget yang dimiliki.

  • Membatasi Penggunaan Kartu Kredit yang Kamu Miliki

Ketika kamu sedang kehabisan uang cash atau uang tunai yang kamu pegang saat ini, maka kartu kredit lah yang akan menjadi solusi. Akan tetapi, kamu juga harus membatasi penggunaan dari kartu kredit itu ya! Karena, jika kamu terlalu sering menggunakan kartu kredit, saldo yang tersisa dari kartu kredit tersebut akan cepat habis. Tidak disarankan menggunakan kartu kredit secara terus -- menerus. Sebab, kartu kredit juga dapat membantu kamu dikala kamu membutuhkan dana anggaran yang tak terduga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN