Mohon tunggu...
yunan dzakiyul fuad
yunan dzakiyul fuad Mohon Tunggu... tampan dan pemberani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030097

Selanjutnya

Tutup

Travel

Belajar Sambil Berwisata di Candi Arjuna Dieng, Negeri di Aatas Awan

23 April 2021   20:54 Diperbarui: 23 April 2021   21:11 107 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Sambil Berwisata di Candi Arjuna Dieng, Negeri di Aatas Awan
Suasana di Candi Arjuna./Sumber: Dokumen Pribadi

Ketika berlibur, pasti kalian bingung untuk mencari tempat destinasi wisata yang baik dan proper untuk keluarga bukan? Untuk warga yang tinggal di Jabodetabek dan sekitarnya, mungkin kalian bisa mengunjungi tempat wisata yang paling dekat dengan rumah kalian seperti Ancol, TMII, Ragunan, Taman Safari, dan lain-lain. Tetapi jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata yang berbau sejarah, letaknya jauh dari perkotaan, memiliki tempat yang sejuk dan dingin, sepi dari lalu lintas yang padat, kalian bisa mengunjungi tempat wisata yang bernama Candi Arjuna.

Candi Arjuna merupakan salah satu candi peninggalan agama Hindu beraliran Syiwa yang terletak di kompleks sejarah candi dieng yang berada di Dataran Tinggi Dieng. Candi Arjuna terletak di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Desa Dieng sendiri berada tepat di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. 

Desa Dieng juga dijuluki sebagai "Negeri Diatas Awan" karena berada di ketinggian 2093mdpl. Lokasi yang berada di dataran tinggi ini menjadikan Candi Arjuna sebagai tempat wisata yang sejuk dan dingin hingga suhu mencapai -5 derajat. Selain Candi Arjuna, ada beberapa tempat yang cukup populer di desa ini yaitu Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan lain-lain. Bahkan, tempat ini sempat dijadikan oleh pelancong untuk melakukan kegiatan "camping".

Sedikit sejarah tentang Candi Arjuna. Candi Arjuna pertama kali ditemukan oleh seorang tentara Belanda bernama Thedorf van Elf pada tahun 1814. Thedorf van Elf menemukan Candi Arjuna pada saat candi ini masih tergenang oleh air. Akhirnya, Candi Arjuna mendapatkan penyelamatan dengan cara mengeringkan air telaga di dieng oleh HC Corneulius yang berkebangsaan Inggris sekitar 40 tahun setelah ditemukannya candi ini. Kemudian, usaha ini dilanjutkan oleh seseorang yang bernama J Van Kirnbergens yang merupakan pria berkebangsaan Belanda.

Ada 3 candi lain selain Candi Arjuna yang berada dalam 1 kompleks candi ini, yaitu Candi Puntadewa, Candi Sembadra dan Candi Srikandi. Candi Arjuna, Candi Puntadewa, dan Candi Sembrada merupakan tempat bagi agama Hindu untuk menyembah Dewa Syiwa. Sedangkan Candi Srikandi, bangunan tersebut untuk menyembah trimurti (tiga dewa) seperti Syiwa, Brahma, dan Wisnu.

Jika kalian memasuki candi yang beragama Hindu, biasanya kalian mendapati sebuah arca. Nah, kalau di Candi Arjuna ini kalian tidak dapat menemukan arca yang biasa menghiasi candi. Tetapi kalian hanya mendapati ruangan-ruangan kosong untuk tempat yang biasa dijadikan tempat untuk meletakan arca.

Menurut info yang kami dapat, Candi Arjuna ini dibangun pada masa Wangsa Sanjaya pada abad ke-7. Hal itu dibuktikan dengan adanya penemuan prasasti yang mempunyai angka tahun 731 saka atau sekitar 808 masehi. Serta prasasti ini konon merupakan prasasti tertua dengan tulisan jawa kuno.

Apa yang menarik dari Candi Arjuna ini?

Hal yang menarik dari Candi Arjuna ini selain sejarahnya, tempat ini suka dijadikan dengan upacara pemotongan rambut gimbal. Upacara ini dibalut dengan adanya acara Dieng Culture Festival yang diadakan tiap setahun sekali. Orang yang berambut gimbal wajib memotong rambutnya agar tidak kena sial. Dengan begitu, acara ini suka dipadati oleh pelancong baik dari dalam, maupun luar kota. Hal itu membuat acara ini semakin meriah dan ramai.

Saat kalian memasuki wilayah Candi Arjuna ini, kalian akan menuruni tangga dan berjalan di sebuah jalan yang cukup panjang mengarah kedalam candi. Ketika berjalan, kalian akan disuguhi dengan pepohonan yang rindang disisi kanan dan kiri kalian yang membuat hawa menjadi lebih sejuk serta dibalut dengan taman yang bisa membuat kalian beristirahat sejenak ketika lelah dan disuguhi dengan pepohonan yang rindang. "tempat ini (Candi Arjuna) menurut saya adalah tempat yang sangat bagus dan indah, rekomended bagi orang yang ingin berwisata ketempat yang sejuk dan dingin" ucap salah satu pengunjung yang sedang berlibur saat kami wawancara pada Sabtu, 17/04/2021 siang.

Berselfie ria bersama salah satu pengunjung./Sumber: Dokumen Pribadi
Berselfie ria bersama salah satu pengunjung./Sumber: Dokumen Pribadi
Ketika kalian sudah melewati perjalanan yang panjang melewati pepohonan rindang, kalian langsung disuguhi dengan pemandangan candi yang megah dan kokoh dengan luas sekitar 36 meter persegi. Atap dari candi ini memiliki struktur yang unik, karena ada sebuah menara kecil disetiap sudut daripada candi ini, serta candi ini memiliki tinggi kurang lebih 1 meter. Dan disetiap sisi dari candi ini terdapat rumput yang hijau dan segar. Hal itu bisa kalian gunakan untuk duduk santai sambil menggelar tikar bersama keluarga kalian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN