Mohon tunggu...
yunan dzakiyul fuad
yunan dzakiyul fuad Mohon Tunggu... tampan dan pemberani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030097

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Benarkah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan Masuk ke Indonesia? Jika Benar, Ini Spesifikasinya

16 Maret 2021   22:18 Diperbarui: 16 Maret 2021   22:28 1181 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan Masuk ke Indonesia? Jika Benar, Ini Spesifikasinya
Atas: Daihatsu Rocky, Bawah: Toyota Raize (sumber: jpnn.com)

Sepertinya Toyota dan Daihatsu akan meluncurkan lagi sebuah mobil kembar mereka di Indonesia. Sebelumnya, di Indonesia sudah ada beberapa mobil kembar yang mereka produksi seperti Toyota Rush-Daihatsu Terios, Toyota Calya-Daihatsu Sigra, Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, dan Toyota Agya-Daihatsu Ayla. Mobil kembar mereka akhirnya sukses meraih penjualan yang cukup tinggi dipasaran. Lantas, Toyota dan Daihatsu akan meluncurkan produk mobil baru mereka di Indonesia dalam waktu dekat ini. Kedua mobil tersebut bernama Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Yes, akhirnya konsumen Indonesia memiliki tambahan pilihan lagi untuk mereka yang ingin membeli mobil dipasaran.

Sebenarnya kedua mobil itu sudah ada di dunia, tepatnya dinegara asalnya di Jepang pada 2019 lalu. Namun baru resmi masuk ke Indonesia pada tahun ini. Dikutip dari kumparan.com, kedua SUV compact mereka diperkirakan akan masuk ke Indonesia paling cepat bulan April 2021 mendatang. Apalagi bukti itu diperkuat dengan adanya nama dari kedua mobil tersebut di daftar NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor). Banyak juga orang-orang mengabadikan kedua mobil tersebut sedang ditest dijalanan Indonesia dengan tampilan yang sedang berkamuflase. Hal itu juga akan menjadi bukti yang kuat bahwa kedua mobil tersebut akan masuk secara resmi ke Indonesia.

Daihatsu Rocky tertangkap kamera sedang dites di Indonesia sumber: instagram.com/indra_fathan
Daihatsu Rocky tertangkap kamera sedang dites di Indonesia sumber: instagram.com/indra_fathan

Posisi dari kedua mobil tersebut juga berada dibawah Rush-Terios. Bisa dikatakan bahwa harga dari kedua mobil itu diperkirakan akan lebih murah ketimbang Rush-Terios yang menjadi kakak dari Raize-Rocky. Dan yang lebih menariknya lagi, Raize-Rocky akan terkena pajak insensitf 0% dari pemerintah. Padahal kedua mobil itu belum dilaunching di Indonesia. Utamanya karena kedua mobil itu memiliki mesin dibawah 1.500cc dan juga memiliki komponen lokal hingga 70% yang membuat harganya semakin reasonable.

Berikut ini adalah spesifikasi dari kedua mobil tersebut:

  • Eksterior

Jika kita lihat dari tampilan luarnya, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini memang terlihat cukup modern. Apalagi ditambah dengan lampu depan belakang yang sudah LED, ada DRL juga dibagian depan mobil, foglamp, serta tampilan grill dari Raize cukup besar berbentuk trapesium dan terlihat lebih sporty dibandingkan dengan Rocky. Tapi, tampilan grill dari Daihatsu Rocky juga cukup besar dan mewah, yang membuat tampilan mobil tersebut terlihat sporty.  Secara sekilas, mobil Toyota Raize juga terlihat mirip dengan Toyota RAV4 yang generasi terbaru tampilan depannya.

Eksterior Toyota Raize (Sumber: otoasia.com)
Eksterior Toyota Raize (Sumber: otoasia.com)

Kemudian, bentuk dari velg Raize dan Rocky juga terlihat cukup sporty dengan tampilan velg alloy Two Tone dengan ukuran R17. Cukup besar untuk sebuah ukuran mobil dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm. Itu bukan berita buruk, karena ukuran velg dari kedua mobil itu terlihat sangat presisi dengan bodinya. 

Bentuk bodi keseluruhan dari Toyota Raize dan kembarannya, Daihatsu Rocky ini lebih kearah mobil Compact SUV, sehingga cocok bagi anda yang menginginkan mobil yang tinggi, bisa menembus jalan yang tidak rata, tapi tidak terlalu besar dimensinya. Apalagi kedua mobil tersebut juga memiliki aksen hitam doff disetiap sisi dari mobil yang membuat tampilan keseluruhan dari kedua mobil tersebut terlihat sangat gagah, dan ditambah dengan pilar D yang terlihat mengambang seperti Toyota Fortuner. Overall, tampilan eksterior dari kedua mobil itu sama-sama terlihat sangat modern dan sporty.

Eksterior Daihatsu Rocky sumber: otoasia.com
Eksterior Daihatsu Rocky sumber: otoasia.com
  • Interior

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x