Mohon tunggu...
yunan dzakiyul fuad
yunan dzakiyul fuad Mohon Tunggu... tampan dan pemberani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030097

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tips dan Trik Membeli Mobil Bekas

14 Maret 2021   20:56 Diperbarui: 14 Maret 2021   21:29 209 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips dan Trik Membeli Mobil Bekas
Salah Satu Showroom Mobil di Jakarta | sumber: youtube.com/Otoseken

Ada 2 pilihan untuk anda yang ingin membeli sebuah mobil, yaitu mobil yang baru dari dealer dan juga mobil yang bekas. Mobil baru biasanya memiliki jarak tempuh (kilometer) yang masih sangat sedikit, masih berbau baru, masih sangat bersih dan mengkilap, dan di beberapa bagian mobil ada yang masih dibungkus oleh plastik. 

Jika mobil bekas, biasanya kilometer yang terletak pada speedometer mobil sudah cukup banyak, tidak sebersih mobil baru, di beberapa parts mungkin ada yang sudah diubah, memiliki harga yang relatif terjangkau, dan sudah menjadi mobil yang dulu pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya.

Bagi beberapa orang, membeli mobil bekas adalah pilihan alternatif bagi keluarga muda, atau mungkin anda yang masih kuliah ingin membeli mobil tapi dengan harga yang relatif terjangkau. Apalagi mobil bekas jika dibandingkan dengan harga barunya bisa lebih terjangkau hingga 50%. Semua tinggal disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Akan tetapi, tidak semua mobil bekas memiliki kondisi yang baik. Banyak orang yang membeli mobil bekas, kemudian menyesal dikemudian hari karena salah memilih kondisi mobil yang baik. Maka dari itu, ada beberapa tips and trik untuk anda yang ingin membeli mobil bekas agar tidak menyesal dikemudian hari. Yuk simak hal berikut ini.

  • Mencari Showroom dengan Stok Unit yang melimpah

 Jika anda ingin membeli mobil bekas, sebaiknya anda mencari showroom mobil bekas yang stok unitnya cukup banyak. Biasanya anda akan dihadapkan dengan banyak jenis pilihan mobil yang berbeda-beda, jadi anda tidak akan dihadapkan dengan 1 pilihan unit saja. 

Dan cara lain untuk mencari mobil bekas, setidaknya anda juga mencari showroom mobil bekas yang berbeda supaya menjadi alternatif jika showroom yang sebelumnya tidak ada unit yang menurut anda cocok. Sehingga tidak ada penyesalan lagi ketika sudah membeli unitnya.

sumber: kompas.com
sumber: kompas.com
  • Carilah Mobil yang Sesuai Budget

Agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari ketika memilih mobil, carilah mobil yang sesuai dengan budget yang anda miliki. Karena tidak semua mobil bekas yang ada di showroom memiliki harga yang sama. 

Usahakan bertanya terlebih dahulu harganya ketika ingin membeli mobil. Carilah harga yang terbaik bagi kantong anda, kemudian pilihlah mobil yang anda inginkan, sesuaikan mobil yang anda pilih untuk keperluan apa. Dan yang paling penting, carilah mobil yang dapat memiliki nilai harga jual kembali.

  • Cek kondisi Unit

Mobil bekas tidak semuanya memiliki kondisi yang baik. Banyak juga penjual yang tidak jujur seperti menjual mobil bekas tabrak, bekas banjir, dan lain-lain yang mengaku bahwa mobil yang dijual dalam kondisi baik. Maka dari itu, cek semua bagian sisi mobil apakah mobil tersebut kondisinya sangat baik atau malah sebaliknya, agar tidak ada penyesalan ketika mobil sudah dibeli. 

Supaya anda tidak bingung mengecek kondisi mobil, bawalah orang-orang yang sudah ahli dalam bidang ini untuk mengecek kondisi mobil anda agar bisa mendeteksi apakah mobil tersebut ada bekas tabrak, ataupun banjir. Jika perlu, bawalah mobil yang sudah dibeli ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan secara detail.

  • Perhatikan History dari Perawatan Mobil

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x