Mohon tunggu...
Yuna Kadarisman
Yuna Kadarisman Mohon Tunggu...

....is still working to be a teacher

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Indonesia (Tidak Lagi) Negara Paling Bahagia Sedunia

22 Desember 2015   15:51 Diperbarui: 23 Desember 2015   03:14 200 0 0 Mohon Tunggu...

Anda pernah mendengar berita pada sekitar tahun 2012 yang menyatakan bahwa Indonesia ada pada peringkat 15 dari 151 negara sebagai negara paling bahagia sedunia? Data ini disebut Happy Planet Index (HPI). Data ini mengukur tingkat kebahagiaan penduduk suatu negara berdasarkan tiga komponen. (1) Experienced well-being; (2) Life-expectancy dan (3) Ecological Footprint.

1. Experience well-being

Tim peneliti berpendapat, cara terbaik untuk mengetahui seberapa puas penduduk suatu negara atas kehidupannya adalah dengan bertanya langsung. Mereka lalu mewawancarai sekitar 1000 orang usia 15 tahun ke atas di setiap negara. Wawancara ini dilakukan di 151 negara. Pertanyaannya sederhana, jika hidup diibaratkan tangga yang berisi 10 anak tangga, dan anak tangga terbawah (0) adalah keadaan dimana anda merasa sangat kecewa dengan hidup anda sekarang, dan anak tangga teratas (10) adalah keadaan dimana anda merasa puas dengan keadaan hidup anda sekarang, anda membayangkan anda berada pada anak tangga keberapa saat ini?

2. Life-expectancy

Ini terkait dengan angka harapan hidup di suatu negara. 

3. Ecological footprint

Ecological footprint menghitung luas tanah yang dibutuhkan untuk memproduksi kebutuhan penduduk suatu negara, termasuk didalamnya makanan dan tempat tinggal. Selain itu, juga menghitung luas tanah yang dibutuhkan untuk menyerap emisi CO2 yang dikeluarkan penduduk suatu negara. Jadi, negara yang banyak melakukan impor barang mungkin hanya membutuhkan lahan yang sedikit untuk produksi, namun membutuhkan lahan yang lebih banyak untuk menyerap emisi CO2 dari proses konsumsinya.

Saya pribadi merasa sangat bangga saat data ini keluar. Saya merasa, ada titik cerah. Walau ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, disana-sini, tentang Indonesia, namun setidaknya, kita hidup di negara yang berbahagia.

Lalu, tiba saat dikeluarkannya World Happiness Record 2015. Indonesia, kali ini berada pada urutan ke 74 dari 158 negara yang dilibatkan dalam menyusun data ini. Malaysia ada pada urutan ke 61 dan Singapura ada pada urutan ke-24. Lima negara paling bahagia adalah 

1. Swiss

2. Islandia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x