Mohon tunggu...
Yuna Alfiani
Yuna Alfiani Mohon Tunggu... PMM UMM 2020

PMM UMM 2020

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KKN-PMM UMM: Sosialisasi Mengenai Cara Mencuci Tangan yang Benar pada Anak-anak di Desa Perdana

24 Oktober 2020   16:46 Diperbarui: 24 Oktober 2020   16:52 11 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN-PMM UMM: Sosialisasi Mengenai Cara Mencuci Tangan yang Benar pada Anak-anak di Desa Perdana
Dok. pribadi

Pentingnya mencuci tangan seringkali disepelekan oleh banyak orang, padahal masalah kesehatan sering timbul dari malas mencuci tangan. Di masa pandemi saat ini banyak cara yang diajarkan oleh Badan Kesehatan kepada masyarakat sebagai bentuk perlindungan diri terhadap virus covid19 salah satunya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun terutama setelah melakukan aktivitas luar rumah yang banyak kontak dengan masyarakat luas.

Pelaksanaan sosialisasi mengenai cara mencuci tangan yang benar  pada anak-anak di Desa Perdana merupakan langkah yang tepat untuk diajarkan mengingat mencuci tangan sangatlah penting fungsinya dalam kehidupan sehari-hari sebagai perlindungan diri terhadap berbagai macam virus dan kuman terutama dari virus covid19 yang sampai saat ini masih laju penyebarannya di Indonesia.

Dalam sosialisasi ini anak-anak di Desa Perdana diajarkan cara dan langkah-langkah yang benar dalam mencuci tangan yang sesuai dengan standar kesehatan dunia (WHO).Adapun berikut 6 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO yaitu :

1.Basahi tangan terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir,lalu tuang cairan sabun dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

2.Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian

3.Gosok sela-sela jari kedua tangan bergantian hingga merata bagian yang tergosok

4.Bersihkan ujung-ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci

5.Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

6.Letakkan ujung jari ditelapak tangan kemudian gosok perlahan

Itu tadi langkah-langkah mencuci tangan yang  benar. Jangan lupa untuk selalu rajin mencuci tangan dengan benar agar diri dan keluarga kita terlindung dari berbagai macam penyakit.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

VIDEO PILIHAN