Mohon tunggu...
Yuma Setiawan
Yuma Setiawan Mohon Tunggu...

Saya bukan siapa-siapa :P

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Arti Liberal?

1 Juni 2016   21:58 Diperbarui: 1 Juni 2016   22:03 0 1 2 Mohon Tunggu...

Buka facebook banyak temen yang ngomongin Anti liberal..!!! Coba tanya, emang arti kata 'liberal' apa?? suruh definisi-in liberal aja pasti gabisa..

Nih ane kasih kuliah umum anti-bahlul mengenai liberal ya..

Arti liberal: "berani meninggalkan cara/ajaran/tradisi lama ke ajaran baru"

DI luar negeri sendiri partai liberal itu laku karena berarti partai yang open minded dan berani untuk pake cara baru (agar lebih maju).

Mereka2 ini yang anti-liberal ga ngerti, penganut Islam pertama, bahkan Nabi Muhammad itu LIBERAL!! ya kalo ga liberal mereka ga akan meninggalkan cara/agama lama lalu membuat cara/ajaran/tradisi dan agama baru.

Anda yang pake HP dan SMS-an itu liberal!! kalo ga karena liberal ya anda masih surat menyurat!!

Anda yang pake kompor gas itu liberal!! kalo ga karena liberal ya anda masih pake bakar kayu sampe sekarang..

Anda yang pake mobil dan motor itu berarti liberal!!! kalo ga karena liberal ya anda masih jalan kaki ato naik onta kemana2!

Anda yang pake baju itu liberal!! kalo ga karena liberal ya anda masih telanjang sampe sekarang!! (ato pake daun jaman2 nabi adam)

dan lain2 masih banyak banget.

Sore2 bikin ketawa aja nih orang2 di fb. ato jangan2 mereka anti-liberal karena emang pengen balik ke jaman batu??!!

---

Lalu mengapa kata 'liberal' sering dikonotasikan negatif??
(liberal itu mirip kata 'bau', bau bisa bau wangi, tapi kalo ngomong bau kepikirannya yg negatif.)

liberal bisa jadi meninggalkan cara lama untuk cara baru yg lebih baik, atau lebih buruk, atau yg tidak disetujui orang2.

misalnya, saya dicap liberal buruk karena bilang ga masalah dengan pernikahan gay (ajaran/tradisi lama kan kaum gay itu laknat).

tapi ingat, orang yg mualaf juga orang liberal, karena dia membuka pikiran dan mengubah cara/ajaran/agama lama ke ajaran/agama baru.

jadi yang anti-liberal, apalagi bangga ngepost2.. jangan diliatin begonya yah :)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x