Mohon tunggu...
yumnaatthariq
yumnaatthariq Mohon Tunggu... Pelajar

Perencanaan Wilayah dan Kota UNEJ

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Keunggulan Analisis Shift Share Dibandingkan Analisis Lainnya

2 Desember 2019   06:08 Diperbarui: 2 Desember 2019   06:14 53 0 0 Mohon Tunggu...

Apa itu analisis shift share? Mengapa kita perlu mengetahui analisis shift share? Pada dasarnya analisis shift share merupakan analisis yang digunakan untuk menganalisis data statistik dalam  suatu wilayah. Analisis ini digunakan untuk melihat dan menentukan kinerja suatu produktivitas kerja perekonomian di daerah dengan membandingkan wilayah diatasnya.

Analisis ini diharapkan dapat menggambarkan perubahan perekonomian yang ada di suatu wilayah. Analisis ini berbeda dengan analisis LQ, analisis ini melihat ada tidaknya sebuah potensi ekonomi basis yang mana kinerjanya tidak dijelaskan secara periodik.

Analisis shift share memberikan gambaran tentang perubahan kondisi perekonomian dengan membaginya berdasarkan KPN,KPP,KPPW. Dapat dikatakan komponen tersebut komponen pertumbuhan nasional apabila perubahan produksi atau kesempatan kerja suatu wilayah disebabkan oleh perubahan produksi dan kebijakan ekonomi nasional mampu mempengaruhi suatu sektor perekonomian suatu wilayah.

Terdapat juga komponen pertumbuhan proporsional (KPP) yang menjelaskan bagaimana perubahan produksi atau kesempatan kerja dipengaruhi oleh komposisi sektor dalam permintaan produk akhir. Tak hanya itu, perbedaan ini juga hadir pada struktur dan keberagaman pasar.

Perubahan nilai pada suatu sektor di daerah terhadap nasional dapat diukur dengan melihat nilai PP yang ada. Apabila nilai PP berada di atas 0 maka daerah yang berspesialisasi dalam sektor yang secara nasional bertumbuh cepat.

Dan sebaliknya, apabila nilai PP dalam suatu daerah berada di bawah nilai 0 maka daerah tersebut tidak memiliki spesialisasi secara nasional pada sektor tersebut. Terdapat juga komponen pertumbuhan wilayah yang menunjukkan bahwa perubahan produksi dapat disebabkan oleh keunggulan komparatif yang ada di wilayah tersebut. Salah satu faktor pendorong kesempatan kerja juga disebabkan karena adanya dukungan kelembagaan prasarana sosial dan dukungan ekonomi lokal.

Keunggulan dari analisis shift share yaitu para pemula dalam bidang ekonomi dapat mempelajari struktur perekonomian dengan cepat dan sederhana artinya analisis ini memberikan gambaran yang jelas mengenai struktur ekonomi yang terjadi secara sederhana. Analisis ini juga menggambarkan pertumbuhan ekonomi yang ada dengan jelas dan memberikan pemahaman terhadap perubahan struktur ekonomi dengan akurat.

Kelemahan dari analisis ini yaitu analisis ini hanya bisa dilakukan pada analisis yang berhubungan dengan analisis kebijakan retrospektif.  Masalah yang berhubungan dengan membandingkan produk yang dijadikan tolak ukur atau patokan pada struktur tidak dijelaskan secara rinci. Sehingga tiap-tiap sektor keterkaitan dan interaksi antar daerah tiidak terlihat.

VIDEO PILIHAN