Mohon tunggu...
Yuli Puspita Sari
Yuli Puspita Sari Mohon Tunggu... Lahir dan besar di Lampung, Kuliah di Bandung, Sekarang bekerja di Jakarta. Suka jalan-jalan, Suka nulis kalau lagi rajin.

| IG: @yulipuspita06 | Email: bintangyuli87@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kenapa Bisa Insecure dengan Keluarga? #1

28 November 2020   21:42 Diperbarui: 28 November 2020   21:50 137 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenapa Bisa Insecure dengan Keluarga? #1
dreamstime.com

Gak enak ya kalau punya hubungan yang tidak dekat dengan keluarga sendiri. Rumah yang seharusnya jadi tempat berkeluh kesah, hanya sekedar terminal melepas lelah dari penatnya hiruk pikuk pekerjaan. 

Ternyata efek pola asuh orang tua itu berdampak amat panjang di kehidupan sang anak kemudian hari. Anak-anak yang hidup dengan orangtua yang penuh kasih dan sayang, akan tumbuh jadi anak yang penuh kasih, mudah menyayangi, dan tumbuh menjadi pribadi yang hangat. 

Saya sendiri hampir tidak memiliki keluarga yang harmonis. Dari dulu kaku sama ortu tuh, gak deket gitu...takut bawaannya, kalau istilah kerennya sekarang itu ya insecure lah.

Kok bisa ya?Saya merasa insecure gitu?

Hmmm...iya saya ingat entah sejak umur berapa,sudah tanamkan pada diri sendiri bahwa curhat ke ortu itu gak aman. Apa yang kita omongin akan bocor. Iya itu kejadian dan bikin malu saya.

Jadi alih-alih cerita ini itu saya lebih banyak memendam perasaan, jadi trauma kalau curhat ke ibu.

***

Dari kecil saya udah sering mengalami perundungan,itu dilakukan oleh keluarga sendiri. Mereka mungkin bercanda sih, tapi rasanya sakit aja di hati. Dikatain paling beda sendiri, karena kulit saya beda dengan kakak-kakak bahkan ada istilahnya untuk itu. Ibarat kopi, katanya saya itu adalah ampasnya. Itu karena saya anak paling bontot yang lahir dengan warna kulit yang tidak putih seperti saudara saya. Hitam adalah nama tengah saya!

***

Memang benar kita tidak bisa memilih untuk dilahirkan pada keluarga seperti yang kita inginkan. Menjadi orang tua tidak ada ijazahnya, tidak ada sekolahnya. Kalau ortu jaman dulu mana kenal istilah parenting. Pokoknya mereka menganggap pengasuhan mereka sudah paling benar.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x