Mohon tunggu...
Yuli Julianti
Yuli Julianti Mohon Tunggu... Bandung

Melukis dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Tematik Pencegahan Covid-19 di Desa Cisomang Barat: Di Rumah Aja, Mahasiswa UPI Bisa Mencegah

3 Juli 2020   06:03 Diperbarui: 3 Juli 2020   07:25 30 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik Pencegahan Covid-19 di Desa Cisomang Barat: Di Rumah Aja, Mahasiswa UPI Bisa Mencegah
Sumber: WHO, editing KKN Cisomang

"Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan Covid-19 Universitas Pendisikan Indonesia" yang dilaksanakan hari Selasa (16/05/2020) di aplikasi Zoom Cloud Meeting telah menjadi momentum dimulainya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Mereka Belajar. Kegiatan ini merupakan reaksi atas merebaknya pandemic Covid-19 dan peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia setiap harinya. Maka, Universitas Pendidikan Indonesia terdorong untuk berkontribusi dalam mencegah dan menangani wabah Covid-19 melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik di Masa Pandemi COVID-19 untuk percepatan penanggulangan Covid-19.

Terdapat dua jenis kegiatan yang ditawarkan yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) relawan dan Non- Relawan. Kegiatan relawan diikuti oleh mahasiswa yang telah menjadi relawan di lembaga atau komunitas yang melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19. Sedangkan, mahasiswa yang tidak menjadi relawan melakukan KKN non- relawan yaitu melakukan serangkaian kegiatan edukasi pencegahan Covid-19 dirumah tempat tinggal mahasiswa secara daring. Kegiatan ini menawarkan berbagai program kegiatan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dirumah seperti; pendataan penduduk yang berkaitan dengan Covid-19, pembuatan media edukasi berupa gambar, video atau poster bagi masyarakat, penguatan pembelajaran daring, pembuatan aplikasi pencegahan Covid-19, dan pembuatan masker, handsanitizer hingga Alat Pelindung Diri (APD).

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan Covid-19 ini diwajibkan untuk dilakukan dirumah saja serta secara daring oleh mahasiswa. Dengan diikuti oleh mahasiswa UPI yang mengontrak mata kuliah KKN di tempat tinggalnya masing- masing, termasuk dilakukan oleh Mahasiswa UPI di Desa Cisomang Barat. Desa Cisomang Barat termasuk ke dalam bagian Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Walaupun Bandung Barat termasuk zona biru persebaran Covid-19 di Jawa Barat, minimnya kasus Covid-19 di Cikalong Wetan, dan tidak terdapatnya kasus Covid-19 di Desa Cisomang Barat, namun edukasi pencegahan Covid-19 dan kebiasaan hidup bersih dan sehat perlu digalakkan untuk mempertahankan kondisi #CisomangBaratBebasCorona yaitu slogan yang diusung dalam kegiatan ini.

Sumber: WHO, editing KKN Cisomang
Sumber: WHO, editing KKN Cisomang
Sehingga, mahasiswa berinisiatif membuat gambar dan video edukasi tentang pencegahan dan dampak Covid-19. Agar mudah dipahami oleh masyarakat desa, gambar edukasi dibuat dengan memakai bahasa sunda, sebagai bahasa sehari- hari masyarakat. Hal ini mendapat respon positif dari ketua RT.02 Desa Cisomang Barat "Hatur nuhun, eta sae pisan kanggo pencerahan ka masarakat" ujarnya. Selain itu, juga dilakukan kegiatan penguatan pembelajaran daring dengan membuat video edukasi tata cara membuat soal platform Google Form bagi guru di sekolah sekitar tempat tinggal mahasiswa. Salahsatunya di SMK Taruna Nusantara Jaya yang akan melakukan Penilaian Akhir Tahun (PAT).  Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik pencegahan Covid-19 ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat melalui serangkaian program yang dilakukan. Disamping itu, dapat mencegah dan menangani penularan Covid-19 di tempat tinggal mahasiswa termasuk di Desa Cisomang Barat.

VIDEO PILIHAN