Mohon tunggu...
Yuli Harsono
Yuli Harsono Mohon Tunggu... Lainnya - ASN

Pemerhati Kebijakan Publik

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

World Superbike: Membangkitkan Sport Tourism dan Mencetak Pembalap Indonesia

18 November 2021   17:35 Diperbarui: 18 November 2021   23:03 300 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Profil Sirkuit Mandalika (Sumber: Kompas.com)

Bagi penggemar balap motor yang selama ini hanya menonton di televisi atau harus ke luar negeri, sekarang bisa menyaksikan langsung event balapan motor internasional di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Sebab, di provinsi yang terkenal dengan wisata alam yang eksotis itu, sudah dibangun sirkuit balapan motor bertaraf internasional, yang diberi nama Pertamina Mandalika International Street Circuit. Sirkuit Mandalika yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo itu, akan menghelat World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021, dan MotoGP pada Maret 2022. 

Bagi penggemar balap motor, WSBK di Mandalika menarik untuk ditonton karena merupakan seri pemungkas WSBK 2021, yang putaran pertamanya diselenggarakan di Aragon, Spanyol pada Mei 2021. 

Yang lebih menarik lagi adalah melihat siapa yang menjadi juara dunia pada seri terakhir WSBK di Mandalika itu. Karena dalam lima putaran terakhir, terjadi persaingan yang ketat antara pembalap Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WSBK) dengan juara enam kali WSBK, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WSBK). 

Dalam ajang WSBK, tidak saja pembalap yang menjadi pusat perhatian, tetapi juga pabrikan motor yang ikut WSBK. Jika pabrikan motor yang mendukung pembalapnya menang dalam WSBK, kemenangan tersebut akan mendongkrak citra merek motor tersebut seperti Kawasaki, Ducati, Honda, dan Yamaha. 

Perlu Dukungan 

WSBK adalah event internasional yang besar, yang akan menyedot ribuan penggemar balap motor ke Mandalika. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang dan pengelolaan yang baik dalam menyelenggarakan WSBK di Mandalika tersebut. 

Apalagi WSBK dilaksanakan pada masa pandemi, perlu kehati-hatian. Penyelenggara, pembalap, ofisial, penonton, dan masyarakat sekitar harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini untuk mencegah munculnya kluster baru dari event WSBK.

Agar penyelenggaraan WSBK berjalan lancar, semua pihak juga perlu memberikan dukungan. Pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri, BUMN, dan pihak lainnya perlu terus memberikan dukungan sampai event WSBK selesai.  Dukungan tersebut untuk memastikan tersedianya infrastruktur jalan, kemudahan transportasi, ketersediaan akomodasi, kecukupan konsumsi, jaringan telekomunikasi, dan fasilitas kesehatan. 

Dengan dukungan dari semua pihak tersebut, event WSBK mudah-mudahan bisa berjalan sukses, yang pada akhirnya dapat mengharumkan nama Indonesia. Sebab, kesuksesan penyelenggaraan WSBK akan disaksikan oleh jutaan pencinta balap motor di seluruh dunia melalui layar kaca, diliput oleh media internasional, dan tentu saja, dirasakan langsung oleh ribuan penonton yang datang ke Mandalika. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan