Mohon tunggu...
Yulicia
Yulicia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, prodi Ilmu Komunikasi

ayok kenalan, pepatah bilang tak kenal maka tak sayang kalau udah kenal boleh panggil sayang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Audiens Menjadi Bagian dari Jurnalisme Masa Depan

10 Oktober 2021   00:14 Diperbarui: 10 Oktober 2021   01:09 56 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                                                                   (Sumber :Tagar.id)

Perkembangan Jurnalisme

Saat ini jurnalisme terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Audiens tidak lagi hanya menjadi penonton namun netizen juga aktif memberikan kritik dan saran. Audiens saat ini tidak hanya mengkonsumsi berita namun juga dapat menjadi pembuat berita.

Hal tersebut disebut dengan model horizontal transaksional. Audiens menyebarkan berita yang mereka buat melalui media sosial. Dimana pergerakan serta penyebaran berita di media sosial cenderung luas dan dalam jangka waktu yang pendek.

Audiens mendapatkan berita dari sumber manapun, bisa dari berita yang sudah ada sebelumnya, bisa juga dari jaringan maupun lingkungan mereka yang ada di sosial media, atau website yang mereka ketahui.

Jurnalisme masa depan sudah tidak bersifat linear lagi. Namun audiens disini sudah merangkap sebagai konsumen sekaligus produsen dari sebuah berita. Pelaporan berita yang digunakan model Curative Journalism dan Hyperlocalitation Journalism.

Bentuk Jurnalisme Masa Depan

Curative Journalism  ini dilakukan dengan cara mengumpulkan berita menjadi satu. Beberapa berita dari berbagai sumber kemudian diolah dan dijadikan satu di suatu platform. Salah satu contohnya adalah kompasiana.com. Dimana setiap orang dapat membuat berita atau informasinya.

Hyperlocalitation Journalism ini lebih sempit penyebarannya. Biasanya diperuntukkan hanya untuk suatu komunitas aja. Jadi berita tersebut dikonsumsi untuk anggota dari komunitas tersebut. Salah satu contohnya adalah pekanbaru.tribunnews.com. Dimana platformnya seputaran berita tentang kota Pekanbaru dan sekitarnya saja.

Dampak dari Jurnalisme Masa Depan

Journalisme dengan gaya seperti itu dapat membawa dampak baik maupun buruk bagi masyarakat. Dampak baik yang ditimbulkan adalah karena audiens dapat memberikan kritik dan saran, membuat masyarakat lebih berpikir terbuka dan kritis. Memandang masalah dari berbagai sudut pandang yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan