Mohon tunggu...
YULI ARIE WAHYUNINGSIH
YULI ARIE WAHYUNINGSIH Mohon Tunggu... Mahasiswa Sosiologi, Universitas Trunojoyo Madura |

Suka jalan-jalan, jadi kapan kita jalan? Another life on instagram : @uplugs_ LinkeId : Yuli Arie Wahyuningsih

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Semakin Pesatnya Kemajuan Ekonomi Digital di Masa Pandemi Covid-19

24 Januari 2021   04:15 Diperbarui: 24 Januari 2021   09:51 301 10 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semakin Pesatnya Kemajuan Ekonomi Digital di Masa Pandemi Covid-19
2021-01-22-01-57-19-1-600c94338ede48733c1cd012.jpg

Kemajuan teknologi informasi semakin melaju pesat ditandai dengan banyaknya platform-platform digital. Internet banyak dimanfaatkan seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak orang yang melakukan transaksi ekonomi menggunakan media internet atau lebih sering disebut dengan e-commerce. Dengan adanya platform-platform digital ini memudahkan seluruh masyarakat terutama generasi masa kini untuk melakukan transaksi secara online, platform-platform digital ini bukan hanya terdapat satu atau dua namun berbagai macam pilihan bisa didapatkan mulai dari yang menggunakan aplikasi website ataupun melalui order via direct message di akun penjualan mereka. Sebelum masa pandemi saja program-program ini sudah ramai dengan transaksi online nya ditambah setelah pandemi melanda  platfrom ini memiliki kesempatan lebih besar untuk menarik pelanggannya dikarenakan anjuran untuk melakukan social distancing dan diam di rumah saja, platform ini memberi kemudahan kita untuk bertransaksi tanpa adanya interaksi secara langsung kita hanya tinggal di rumah duduk manis ataupun hanya dengan mengklik-klik dengan pilihan yang beragam dengan harga yang variatif dan pilihan-pilihan yang disuguhkan ditambah lagi dengan bumbu-bumbu promo kita bisa mendapatkan barang ataupun sesuatu yang kita butuhkan dengan mudah. Bukan hanya dirasakan oleh generasi milenial ataupun generasi muda para orang tua ibu-ibu atau bapak-bapak yang umurnya sudah tidak terbilang muda juga turut serta dalam meramaikan platform ini.

Bukan hanya pada platform penjualan online saja digitalisasi ekonomi juga dirasakan dengan hadirnya fitur-fitur perbankan online yang menyediakan m-banking atau mobile banking contohnya saja BRI mobile BCA mobile dan lain sebagainya Hal ini juga turut meningkatkan tingkat kemudahan seseorang dalam bertransaksi tanpa harus mendatangi tempat lokasi bank terlebih dahulu. Dibanding zaman dahulu dengan sekarang orang akan cenderung lebih memilih untuk menggunakan media online dengan kemudahan m-banking ini dibanding harus berdesak-desakan ataupun antri di di mesin ATM. Dari fitur-fitur m-banking online ini dan adanya platform-platform digital penjualan cukup meningkatkan tingkat konsumerisme masyarakat, orang yang sebelumnya hanya berbelanja di store-store dengan melakukan interaksi secara langsung kemudian disuguhkan dengan kemudahan berbelanja online dengan pembayaran yang menggunakan m-banking yang terbilang juga cukup cepat dan bisa diakses dimanapun membuat seseorang cenderung akan memilih berbelanja online. Tidak jauh melihat orang lain, diri saya sendiri juga merasakan kemudahan-kemudahan ini meskipun saya belum aktif menggunakan mobile banking tapi dengan saya mempunyai platform online shopping ini saja saya sudah disuguhkan dengan kemudahan berbelanja yang awalnya tidak berminat untuk berbelanja kemudian setelah membuka aplikasi dan melihat terdapat promo-promo yang cukup menggiurkan terkadang diri saya juga memiliki hasrat untuk membelinya. Saya rasa hal ini bukan hanya dialami oleh diri saya namun juga dialami oleh mereka yang juga sudah dimudahkan dengan adanya platform-platform online ini, bukan hanya pembeli yang dimudahkan namun para penjual juga diberi kemudahan untuk membuka tokonya melalui platform online ini. Salah satu contohnya orang-orang yang ingin membuka usaha namun terbatas pada modal sehingga ia tidak bisa menyewa ruko atau membangun sebuah tokoh maka mereka akan lebih memilih membuka tokonya di platform-platform online ini karena dengan efisiensi biaya mereka juga bisa bekerja dari rumah tanpa harus membayar karyawan dan membayar sewa ruko. Hanya bermodal pada jaringan ataupun promosi-promosi digital maka ini akan mempermudah para penjual atau pembisnis yang memiliki modal kecil dapat membuka peluang usaha bisnisnya. Mereka bisa membuat strategi dengan mempromosikan produk mereka melalui para influencer-influencer di sosial media yang memiliki jangkauan luas kepada anak muda atau sasaran followers mereka, maka hal ini dapat memperkenalkan produk-produk yang dimiliki untuk dapat dijangkau oleh orang banyak.

Tidak terbatas hanya pada program penjualan online ataupun m-banking, m-banking yang mendukung juga terdapat beberapa kebutuhan masyarakat yang yang dapat dipenuhi menggunakan media platform online ataupun aplikasi salah satunya seperti aplikasi go-pay, ovo, dana dan lain-lain yang memudahkan seseorang misalkan ingin membayar listrik pulsa ataupun membeli paket data. Bahkan dengan digitalisasi ini gerai-gerai pulsa sudah mulai menurun karena beberapa orang yang menggunakan aplikasi aplikasi pembayaran seperti ini akan cenderung lebih memilih untuk menggunakan aplikasi ini untuk membeli pulsa paket data ataupun membayar listrik mereka. Mungkin digitalisasi ekonomi ini sudah terjadi beberapa kurun waktu ke belakang namun pada pandemi kali ini justru digitalisasi ekonomi ini mengalami peningkatan karena orang lebih banyak berdiam di rumah dibanding di luar dan orang cenderung memegang gadget atau komputer mereka Maka mereka akan lebih sering berselancar di media internet.

Beberapa bentuk digitalisasi ekonomi ini bisa dilihat juga dengan maraknya pinjaman pinjaman online yang dengan mudah diakses hanya dengan jaminan kartu tanda penduduk. Bahkan dari aplikasi-aplikasi platform online ini terkadang juga menyediakan layanan untuk kredit atau cicilan pada barang yang akan dibeli, jadi seseorang bisa melakukan pembayaran barang yang sudah dibeli dengan metode cicilan setiap bulannya hal ini juga salah satu bentuk digitalisasi ekonomi yang justru menyebabkan tingginya angka konsumerisme. Jadi bagaimana pendapatmu tentang digitalisasi ekonomi dalam bidang ini, apakah cukup solutif melakukan kemajuan atau justru kemunduran?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x