Mohon tunggu...
Yulia Nurdianik
Yulia Nurdianik Mohon Tunggu... Penulis, Editor Buku, Founder Bisanulis.id, Content Creator, Aktivis PII

Berbagi tentang Self Development, Islam, dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bukber Virtual Anti Gagal, Memang Bisa?

25 April 2021   15:26 Diperbarui: 25 April 2021   15:45 314 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukber Virtual Anti Gagal, Memang Bisa?
Sumber: journal.sociolla.com

Kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk memutuskan penyebaran virus covid-19 membuat kita tidak bisa melakukan tradisi setiap Ramadan. 

Ramadan biasanya dijadikan sebagai momen yang tepat untuk berkumpul bersama teman atau kerabat terdekat. Biasanya akan banyak undangan buka bersama (bukber) mulai dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, komunitas, organisasi, hingga rekan kerja. Bukber seolah menjadi agenda wajib tiap tahun. 

Sayangnya Ramadan ini masih dalam kondisi pandemi kita belum bisa melakukan tradisi tersebut. Eits, kita tak perlu bersedih hati. Sebenarnya kita bisa saja melakukan bukber. Kok bisa? Kita bisa melakukan bukber virtual seperti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan selama ini secara virtual. Berikut ini tips agar bukber terlaksana anti gagal.

Pertama, Membentuk Panitia Bukber

Sumber: tribunnews.com
Sumber: tribunnews.com

Setiap orang pasti ingin melakukan bukber tapi bukber itu hanya akan menjadi wacana saja jika tidak ada orang-orang yang bertanggung jawab atas agenda tersebut. Jadi, kita perlu membentuk panitia agar bukber bisa terlaksana sesuai rencana.

Kedua, Tentukan Jadwal Bukber

Sumber: tirto.id
Sumber: tirto.id

Biasanya kita sangat bersemangat mengadakan bukber tapi hanya sebatas wacana. Bukber tidak pernah terlaksana kalau kita hanya sebatas keinginan saja. Kita perlu menentukan jadwal bukber. Setiap orang pasti memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Dengan jadwal ini kita bisa meluangkan waktu. 

Ketiga, List Peserta Bukber

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x