Mohon tunggu...
Yulia Nurdianik
Yulia Nurdianik Mohon Tunggu... Penulis, Editor Buku, Founder Bisanulis.id, Content Creator, Aktivis PII

Berbagi tentang Self Development, Islam, dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ungkap Nostalgia Ramadan di Masa Kecil, Poin ke-4 Bikin Senyum-senyum Sendiri!

19 April 2021   12:37 Diperbarui: 19 April 2021   12:43 243 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ungkap Nostalgia Ramadan di Masa Kecil, Poin ke-4 Bikin Senyum-senyum Sendiri!
Sumber: https://dinkes.banyuasinkab.go.id

Dulu aku menggangap Ramadan adalah bulan terberat yang harus kujalani. Harus menahan lapar dan haus. Wajar karena memang anak kecil belum terbiasa untuk berpuasa. Belum paham tentang kewajiban muslim untuk berpuasa dan manfaat dari puasa itu sendiri.

Dibalik harus menahan lapar dan haus, Ramadan adalah bulan istimewa yang ditunggu-tunggu. Setiap momen yang ada itu istimewa dan hanya tidak ditemukan pada bulan lainnya. Mulai dari sahur, berbuka puasa, salat tarawih, kolak pisang, es belewah, jajanan di pasar, kembang api, tadarus alqur'an, dan yang lainnya.  Mengingat masa kecil generasi kelahiran 90an yang bisa membuat kamu senyum-senyum sendiri.

1. Pondok Ramadan

Sumber: https://jerrian28.blogspot.com
Sumber: https://jerrian28.blogspot.com

Nah, kegiatan ini spesial hanya diadakan setiap Ramadan.  Siswa diwajibkan untuk memakai busana muslim dan mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan sekolah. Siapa yang pernah bolos  pondok Ramadan? Hayo ngaku! 

Selain itu, durasi kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berkurang tidak sepertinya biasanya. Ini yang membuat kami sangat senang.

2. Mengisi Buku Kegiatan Ramadan

Sumber: inikepri.com
Sumber: inikepri.com

Biasanya guru memberikan buku kegiatan Ramadan yang wajib dikerjakan oleh murid. Buku ini berisi tentang aktivitas salat wajib dan salat tarawih. Imam salat tarawih biasanya akan diminta tanda tangan. Di desaku ada 2 imam salat tarawih. Kebetulan imamnya kerabat dekatku dan setiap Ramadan beliau-beliau ini yang menjadi imam. Aku sampai hafal. Dulu aku sering ngerapel minta tanda tangan imam sekaligus. Biar nggak bolak-balik minta. Ada yang melakukan tips ini juga? Kita sehati. Hehe


3. Bermain Kembang Api Saat Malam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN