Mohon tunggu...
Aditya Yulianto
Aditya Yulianto Mohon Tunggu... Mahasiswa

Teknologi Pendidikan UNJ 2018

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran dan Contohnya

25 Oktober 2020   23:40 Diperbarui: 26 Oktober 2020   00:01 66 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran dan Contohnya
Gambar bagian depan dari Learning Management System Universitas Negeri Jakarta – Source onlinelearning.unj.ac.id

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan kemajuan teknologi, informasi, komunikasi yang semakin canggih seperti saat ini, sehingga membuat beberapa bidang kehidupan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah suatu pekerjaan serta mendapatkan keuntungan dari penggunaan teknologi tersebut. Dan saat ini juga dari berbagai instansi, organisasi, badan atau lembaga yang ada, juga menerapkan berbagai macam cara agar dapat menyesuaikan eksistensinya dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin modern. Salah satu dari cara tersebut ialah dengan mengaplikasikan manajemen sistem informasi (MSI), dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memberikan suatu pelayanan informasi kepada masyarakat.

Salah satu bidang yang sangat membutuhkan MSI adalah bidang pendidikan, karena dengan adanya MSI dalam bidang pendidikan akan membuat suatu proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, serta lebih efektif dan efisien. Misalnya, lembaga atau organisasi pendidikan seperti sekolah haruslah mampu melakukan pengelolaan yang baik terhadap pembelajaran. Hal ini dilakukan demi berjalannya pembelajaran yang efektif dan efisien dan di dalam pengelolaan tersebut diperlukan manajemen sistem informasi.

Apa itu manajemen sistem informasi (MSI)?

Menurut Stoner, manajemen sistem informasi adalah sebuah metode formal untuk menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu bagi manajemen yang diperlukan untuk mempermudah proses pengambilan keputusan, dan memungkinkan fungsi-fungsi dari manajemen seperti perencanaan, pengendalian, dan operasional organisasi dapat dilaksanakan secara efektif.

Menurut Ais Zakiyudin dalam bukunya bahwa, suatu manajemen sistem informasi menggambarkan ketersediaan suatu rangkaian data yang cukup lengkap yang disimpan agar dapat menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pembuatan keputusan dalam suatu organisasi (Ais Zakiyudin, 2011: 15).

Jadi dapat dikatakan manajemen sistem informasi merupakan kumpulan dari sistem dan informasi yang dikembangkan berdasarkan fungsi dari sebuah manajemen dalam organisasi dengan tujuan agar sebuah organisasi dapat memiliki suatu cara atau sistem yang dapat digunakan dalam mengolah data hingga menjadi suatu informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen dari organisasi itu sendiri. Jika terkait dengan proses pembelajaran, maka MSI dalam pembelajaran merupakan sistem informasi yang menerapkan prinsip fungsi manajemen dengan tujuan agar suatu proses pembelajaran dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien.

Apa saja unsur-unsur manajemen sistem informasi?

Untuk dapat memanfaatkan sistem informasi dengan efektif, maka harus diketahui dengan pasti tentang organisasi, manajemen, dan teknologi informasi yang membentuk sebuah sistem. Berikut ini dijelaskan elemen-elemen sistem informasi manajemen:

A. Organisasi, meliputi manusia, struktur, prosedur operasi, politik, dan kultur. Contohnya seperti lembaga pendidikan atau sekolah.

B. Manajemen, mengamati kesempatan, membuat strategi untuk menjawab kebutuhan, mengalokasikan orang dan sumber dana untuk mendukung strategi yang telah dibuat, mengkoordinasikan pekerjaan atau kegiatan dalam organisasi.

C. Teknologi informasi, yang merupakan alat yang dapat digunakan oleh manajemen untuk membantu melakukan kontrol dan membuat suatu kegiatan baru. Teknologi terdiri atas tiga komponen pokok, yaitu manusia (brainware), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x