Mohon tunggu...
Yulianita Diah Utami
Yulianita Diah Utami Mohon Tunggu... Guru - Guru Belajar

Mengajar itu menyenangkan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menyenangkan, Mendampingi Sambil Belajar Praktik Baik

30 September 2021   10:55 Diperbarui: 30 September 2021   11:19 75 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mendampingi Sambil Belajar yang Menyenangkan

Bersama Guru Sekolah Mitra Program PINTAR

Tanoto Foundation

Yulianita Diah Utami

Guru MI Muhammadiyah Sedayu dan Fasilitator Daerah Program PINTAR

Email yulianita.du@gmail.com

Belajar merupakan proses yang tidak pernah berhenti dan tidak memandang pelaku. Begitu juga dengan guru, bahkan dengan pengalaman yang sudah sangat banyakpun tetap harus belajar. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan individu dengan lingkungannya melalui pengalaman atau latihan untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru (Aunurrahman, 2010: 35). 

Hal ini juga dialami oleh guru sekolah mitra Tanoto Foundation program PINTAR. Dalam bermitra dengan Tanoto Foundation, guru diberikan pelatihan untuk menerapkan praktik baik dalam mengajar. Pengalaman ini sangat mengesankan terutama bagi penulis sebagai pendamping. Pendampingan yang dilakukan oleh penulis juga merupakan proses belajar yang sangat bermakna.

Pada pelatihan ini yang sangat menarik adalah dilakukan secara modelling. Pendamping sebagai fasilitator berperan nyata sebagai guru dan terdamping atau guru berperan sebagai siswa. Hal ini sangat bermakna bagi para guru karena dapat meniru model dalam mengajarkan pembelajaran kepada peserta didik di sekolah masing-masing.

Ingat MIKiR

Pelatihan yang dilakukan selama tiga hari serta dilakukan dua kali dalam dua tahun. Pelatihan yang pertama adalah mengenai praktik baik. Praktik baik ini menekankan pada pembelajaran bermakna yang sering disingkat dengan MIKiR. MIKiR merupakan kependekan dari Melakukan, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi. Artinya bahwa dalam suatu proses pembelajaran yang bermakna, siswa melakukan proses tersebut secara utuh meskipun tidak berurutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan