Mohon tunggu...
Veronica Yuliani
Veronica Yuliani Mohon Tunggu... Guru - Guru bahasa yang jatuh cinta dengan cello, panflute, dan violin.

Menulis untuk berbagi dan menginspirasi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Hati-Hati Belanja di Instagram

1 Februari 2020   18:10 Diperbarui: 1 Februari 2020   18:07 406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Jika kita membuka instagram seringkali kita akan menemukan berbagai jenis iklan produk bersponsor yang menarik. Mulai dari pakaian, sepatu, produk kecantikan, makanan, dan bahkan juga 'underwear'. Iklan bersponsor ini seringkali menawarkan potongan harga atau diskon yang membuat banyak wanita banyak tertarik untuk membeli.

Saya baru-baru ini juga membeli produk 'underwear' di instagram karena tertarik dengan gambaran produk serta harga yang ditawarkan.

Saya menghubungi penjual dan melakukan transaksi. Semua berjalan dengan lancar. Beberapa hari kemudian barang yang saya beli datang. Saya lihat barangnya bagus dan setelah saya coba nyaman digunakan.

Akan tetapi, setelah dipakai sekali kemudian saya cuci barulah ketahuan bahwa produk yang saya beli ternyata lemnya lepas, dengan kata lain barang tersebut rusak, tidak bisa digunakan. Padahal harga kedua barang yang saya beli lumayan mahal, yakni Rp 208.000.

Saya lantas menghubungi penjual dan mengatakan kalau barangnya rusak sekali pakai. Penjual sempat mengelak jika barang yang dijual adalah palsu.

Saya mengatakan akan melaporkannya ke 'marketplace' karena sangat merugikan konsumen. Pihak kemudian berjanji akan mengganti dengan produk yang baru. Akan tetapi apa gunanya jika kualitas barang yang saya dapatkan sama?

Sebenarnya ketika saya mengatakan kepada penjual akan melaporkannya ke 'marketplace', saya juga belum tahu caranya. Masalahnya saya sudah tidak menyimpan feed pengiklan.

Saya sebelumnya sempat mencari di google bagaimana cara melaporkan penipuan produk di instagram. Namun, hasilnya tak ada cara yang menjelaskan bagaimana menghubungi 'marketplace' secara langsung.

Berdasarkan pengalaman saya tersebut, maka saya ingin membagikan beberapa tips bagaimana agar kita cukup aman membeli produk di instagram atau bagaimana cara melaporkan jika kita mengalami penipuan produk di instagram.

Pertama-tama, hati-hatilah dan jangan mudah tertarik dengan iklan yang menawarkan potongan harga yang besar, bisa jadi produk yang dijual tidak sesuai dengan yang diiklankan.

Ke dua, jika Anda tertarik membeli produk berdasar iklan, simpanlah iklan tersebut dengan cara menekan gambar pita di bagian bawah sebelah kanan gambar pengiklan. Jangan hapus tanda itu sampai produk yang kita beli yakin benar-benar bagus atau sesuai dengan yang kita inginkan. Ini akan membantu kita jika produk yang kita beli ternyata kualitasnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun