Mohon tunggu...
Yuliana Rivi
Yuliana Rivi Mohon Tunggu... Enjoy my feeds.

Berjalan bersama kompasiana. Tulislah ceritamu di sini, maka kamu akan dikenang dengan sangat manis.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jangan Kaget Perbedaan Kuliah dan Kerja

9 Juli 2020   11:34 Diperbarui: 9 Juli 2020   11:54 81 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Kaget Perbedaan Kuliah dan Kerja
Sumber: Shutterstock

Dulu waktu masih kuliah ingin cepat-cepat wisuda karena mau kerja. Rasanya melihat orang yang sudah kerja hidupnya lebih bebas karena tidak menggantungkan kebutuhan hidupnya ke orang tua lagi. 

Pemikiran ini memang benar, namun sebenarnya kehidupan di dunia kerja sangat jauh berbeda dengan kehidupan diperkuliahan. Itu yang harus diketahui bersama. 

Selama ini orang sering menilai bahwa yang sudah kerja posisi hidupnya lebih enak dari pada yang statusnya masih mahasiswa. Kalian harus tahu satu hal, di dunia kerja memang enak karena mendapatkan gaji, namun ada momen-momen indah semasa kuliah yang tidak bisa diulangi kembali ketika sudah kerja.

Waktu kuliah kamu masih bisa melakukan hal apa saja bersama teman-teman. Entah itu jalan-jalan, nongkrong, bertemu dengan banyak orang, maupun mengikuti kegiatan-kegiatan positif lainnya yang ada di dalam kampus maupun di luar kampus. Kamu memiliki waktu yang cukup banyak untuk melakukan itu semua. 

Kalau ditanya enakan mana? Kuliah atau kerja? Jawabannya kedua-duanya ada nilai plus minus.

Enaknya kuliah apa? Enaknya banyak, apalagi kalau kuliah masih dibiayain orang tua. Kalau kehabisan uang tinggal minta. Waktu untuk having fun juga sangat banyak karena didukung dengan circle pertemanan yang tidak terbatas dan kamu bisa bergaul dengan banyak orang. 

Tidak enaknya apa? Banyak juga, misal salah bergaul bisa membawa hal buruk dalam kuliah. Banyak mahasiswa mengulur waktu kuliah karena terlena dengan kebebasan hidup yang tidak terikat dengan aturan. Tidak seperti sekolah berasrama banyak aturan yang harus diikuti. Akhirnya kuliah yang semula hanya tiga sampai empat tahun bisa sampai bertahun-tahun

Lalu kalau kerja enaknya apa? Mandiri. Semua kebutuhan hidup tidak bergantung pada orang lain lagi. Apa pun itu bisa terpenuhi semua. 

Tidak enaknya apa? Lingkup pertemanan yang sangat terbatas, jarang refreshing, dan waktu untuk bertemu dengan kawan-kawan tidak bisa sebebas dulu lagi mengingat ada jam kerja yang tidak sama. 

Ada yang jam kerjanya dapat libur di hari biasa, ada juga yang masih kerja di hari libur dan bahkan di akhir pekan. Keadaan seperti ini yang membuat sebagian besar orang harus mengatur schedule berdasarkan situasi dan kondisi ditempat kerja masing-masing.

Di tengah kesibukan masing-masing dengan waktu yang cukup terbatas, terkadang dalam satu bulan bisa menikmati refreshing hanya sekali. Belum lagi kalau banyak kesibukan bisa sampai berbulan-bulan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN