Mohon tunggu...
Yuliana Randongkir
Yuliana Randongkir Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya menempuh S1 saya di Kampus Iisip yapis Biak,Fakultas saya Fia (fakultas ilmu administrasi), prodi yang saya ambil yaitu prodi Administrasi Publik, hobi saya membaca,pesan jangan pernah menyerah,capeh boleh tapi nyerah jangan hehe,jatuh bangkit lagi kita pasti bisa,sukses terus.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalam Modul Nusantara Mahasiswa PMM2

23 September 2022   20:47 Diperbarui: 23 September 2022   20:48 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Artikel Pengalaman Modul Nusantara
         Oleh Yuliana Randongkir

Disini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya mengikuti modul nusantara selama tiga minggu,sebelumnya perkenalkan nama saya yuliana randongkir, asal saya dari Biak Papua saya di Jember karena mengikuti program PMM2, saya senang karena orang tua saya bisa mengijinkan saya untuk mengikuti program ini,karena jember papua itu jaraknya lumayan jauh,waktu pertama  saya agak ragu untuk mengikuti program ini,tapi tapi penasaran jember itu seperti apa karena jujur saya sendiri belum pernah mendengar jember,dengan memenuhi rasa penasaran saya,saya memutuskan untuk ikut program pmm2,dan memilih Universitas Jember untuk pilihan pertama dan Puji Tuhan saya lulus, inilah pengalaman saya selama mengikuti Modul Nusantara selama tiga minggu di Jember.

Pengalaman pertama Modul Nusantara Kebinekaan satu yang saya ikut  yaitu,melaksanakan kegiatan di Taman Edukasi Universitas Jember. Kita diminta melakukan perkenalan satu sama lain dipertemuan modul nusantara pertama ini, agar mahasiswa mampu memahami lebih dalam tentang keanekaragaman budaya dan istiadatnya masing-masing. Setelah perkenalan dilanjutkan dengan games tebak budaya dan ular tangga. Dengan kegiatan modul nusantara perkenalan, mengajarkan kita bagaimana supaya kita saling menghargai, menghormati , dan tidak membeda-bedakan satu sama lain, guna untuk memperkuat tali persaudaraan satu sama lain.

Pengalaman kedua Modul Nusantara Kebinekaan dua yaitu, Mentonton film "Bhako" mandiri kemudian masing-masing mahasiswa diminta untuk menganalisis film yang ditayangkan di Museum Huruf. Untuk pengalaman ketiga Modul Nusantara ketiga  dilakukan di daerah Rembangan, ketika sampai di daerah tersebut kita diminta untuk berdiskusi  tentang apa yang akan kita lakukan di daerah Rembangan, untuk mengemukakan review makanan yang telah dicoba oleh mahasiswa ,dan mewawancarai entrepreneur kuline di Jember sebagai sarana untuk meperkenalkan budaya masing-masing, serta disajikan juga makanan khas Jember  agar semua mahasiswa bisa memahami keramagaman antar budaya di bidang kuliner nusantara.

Dengan kegiatan refkleksi yang dilakukan di Museum Huruf jember untuk lebih mengenal keragaman aksara nusantara dengan menghadirkan narasumber dan berdialog bersama dan menjelaskan berbagai keragaman aksara nusantara. Kegiatan Modul Nusantara keempat dilakukan di Alun-alun Jember, untuk mengenal keberagaman Bahasa dan Budaya dengan masyarakat jember.                                                                  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan