Mohon tunggu...
Yulia Maulida
Yulia Maulida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Menebar Kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Peningkatan Kualitas UMKM melalui Seminar Pengoptimalan Kemasan Produk dan Pemasaran Digital di Desa Cibogo Kabupaten Subang

11 Agustus 2022   10:00 Diperbarui: 11 Agustus 2022   14:15 222 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Desa Cibogo merupakan bagian dari Desa Ngamplang, meliputi kurang lebih 721 hektar yang dimekarkan pada tahun 1980. Pemerintah Desa Cibogo terletak sekitar 7 km dari Kantor Kabupaten Subang. Desa ini berbatasan dengan Desa Wanasari di sebelah timur, Desa Wanaraja di sebelah selatan, Desa Pada Asih di sebelah barat dan Desa Cinangsi di sebelah timur. Wilayah Desa Cibogo terbagi menjadi 3 dusun yaitu dusun 1 yang terdiri dari 3 RW dan 13 RT, dusun 2 terdiri dari 3 RW dan 11 RT, dusun 3 terdiri dari 3 RW dan 14 RT. Suhu rata-rata di Desa Cibogo adalah 28-30 derajat Celsius pada ketinggian 750 mdpl. Struktur tanah di daerah Desa Cibogo ini lempung dan berwarna hitam, serta bentang wilayahnya termasuk ke dalam daratan rendah. Penduduk Desa Cibogo pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, buruh pabrik, PNS dan lain-lain.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang sering disingkat dengan UMKM adalah usaha tingkat rumah tangga yang memiliki berbagai macam jenis usaha dan tersebar luas diberbagai wilayah dalam negeri. Masyarakat Desa Cibogo sendiri memiliki potensi besar untuk membangun UMKM baik rumahan maupun kelompok. Desa Cibogo diperkirakan memiliki sekitar 300 UMKM yang tersebar di wilayah desa dan terus bertambah setiap tahunnya. Sektor UMKM yang ada di Desa Cibogo meliputi perdagangan, jasa dan pemanfaatan hasil alam, beberapa di antaranya berjalan baik dalam skala kecil dan menengah.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Di Desa Cibogo perkembangan UMKM yang meningkat dari segi unit usaha, belum diimbangi oleh meratanya peningkatan kualitas UMKM itu sendiri. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tematik UPI Kelompok 135 mengadakan salah satu program kerja Seminar Pengoptimalan Kemasan Produk dan Pemasaran Digital yang mendatangkan pemateri dari PLUT-KUMKM Subang yaitu Sandi Hallymansyah S.Kom dan Ketua Bumdes Cibogo yaitu Ujang Tatang.

Dokpri
Dokpri

Rangkaian kegiatan seminar ini diikuti dengan tertib, interaktif, dan antusias oleh para pelaku UMKM dan Perangkat Desa Cibogo, bahkan banyak dari peserta seminar ikut berpartisipasi untuk mempraktikan cara membuat berbagi macam bentuk kemasan produk. Diharapkan hasil dari program ini dapat membantu meningkatan kualitas UMKM di Desa Cibogo dan membantu mengatasi berbagai permasalahan UMKM, seperti terkendala oleh sarana dan prasarana serta pengetahuan mengenai cara memasarkan hasil produk UMKM tersebut di era digital.

Dokpri
Dokpri

Sebagai mahasiswa KKN Tematik UPI Kelompok 135 mengharapkan agar Pelaku UMKM di Desa Cibogo dapat terus berinovasi dalam mengembangkan produk, mendesain kemasan, memperluas pemasaran baik online maupun offline serta meningkatkan sumber daya manusia dan teknologi. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan nilai jual UMKM dan memungkinkan mereka untuk bersaing dengan produk lainnya baik di pasar nasional maupun internasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan