Mahasiswa pasti tahu seperti apa susahnya cari sponsor untuk acara kampus. Meskipun demikian, mencari sponsor itu akan menjadi pengalaman yang berharga setelah tidak lagi menjadi mahasiswa. Ilmu dan jaringan yang didapatkan ketika cari sponsor bisa menjadi peluang saat sudah lulus dari kampus.Â
Cari sponsor untuk acara kampus sangat penting untuk mendukung berlangsungnya acara. Sponsor dapat membantu dengan cara memberikan dana, barang, jasa, atau fasilitas yang dibutuhkan untuk suksesnya acara kampus. Karena itu, mahasiswa harus memiliki strategi dan cara yang tepat agar sponsor mau bekerja sama dengan acara kampus yang akan diselenggarakan.
1. Tentukan Tujuan Acara dan Skala Acara
Langkah pertama cari sponsor untuk acara kampus adalah menentukan tujuan. Tujuan acara yang dilakukan merupakan apa yangÂ
ingin dicapai dengan menggelar acara tersebut. Sebagai contoh, ingin meningkatkan kesadaran, mengedukasi, menghibur, atau bisa juga menggalang dana. Penting untuk menetapkan tujuan yang jelas dan memahami skala acara kampus yang akan diselenggarakan. Ini akan menjadi dasar dalam proses cari sponsor yang tepat dan efektif.Â
Selain itu, skala acara akan mempengaruhi setiap elemen perencanaan, dari pemilihan venue, strategi pemasaran, hingga logistik. Dengan menentukan tujuan dan skala dengan jelas, mahasiswa akan memiliki panduan yang solid untuk merencanakan dan mengelola acara secara efektif.
2. List Kebutuhan Acara dan Rencana Anggaran BiayaÂ
Kebutuhan acara ialah apa saja yang diperlukan untuk mengadakan acara kampus, seperti dana, tempat, peralatan, konsumsi, atau hadiah. Mahasiswa harus mendaftar kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk keberlangsungan acara agar dapat mencari sponsor yang tepat sesuai kebutuhan. Dengan mengetahui kebutuhan acara yang akan digelar, panitia bisa menentukan apa yang bisa ditawarkan untuk sponsor, seperti eksposur, promosi, atau keterlibatan.
Di sisi lain, rencana anggaran biaya (RAB) merupakan suatu kalkulasi yang dibuat secara tertulis untuk memperkirakan pemakaian dana. Jadi bila memakai konteks penyelenggaraan acara, rencana ini dibuat untuk mencatat secara detail tentang kebutuhan dana yang harus tersedia agar acara dapat berlangsung dengan lancar. RAB mencatat nominal yang dialokasikan untuk melakukan pengadaan pada masing-masing kebutuhan tersebut. Dengan adanya rencana anggaran biaya, panitia dapat menentukan paket-paket sponsor yang dapat ditawarkan. Dengan demikian, panitia juga memiliki target sebelum mencari sponsor.
3. Siapkan Paket-Paket Kerja Sama yang MenarikÂ