Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan 7 antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren Bergabung di Kompasiana 20, Oktober 2020

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Gethuk Talas Cocopandan, Jadi Cemilan Lezat di Malam Takbiran

24 September 2022   12:33 Diperbarui: 25 September 2022   05:05 779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gethuk Talas/ gethuk enthik. Olah Canva, dokpri yuliyanti

Sabtu (9 Juli 2022 lalu), saya belajar membuat gethuk. Gethuk merupakan jajanan khas Jawa Tengah. Pada umumnya berbahan singkong.

Namun dalam olahan saya menggunakan enthik, bahan tersebut saya dapatkan dari ibu dua hari sebelumnya. Enthik atau talas hasil panen dari ladang cukup banyak, sebagian untuk berbagi dengan tetangga, dijual dan diberikan pada saya.

Di tempat kami, bahan polo pendem tersebut (enthik) pada umumnya direbus atau dikukus. Jarang diolah menjadi cemilan gethuk lantaran proses pembuatannya melalui beberapa tahapan.

Tetapi saya menantang diri untuk membuat gethuk yang legit beraroma pandan yang, yang memikat.

Berbekal panduan dari ibu, saya antusias untuk mengolahnya, kebetulan malam itu jelang Hari Raya Idul Adha. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga setempat yang hendak berkurban, seluruh hewan dipiara semalam di sekitar area mushola.

Di malam takbiran, suami selaku panitia beserta bapak-bapak lain bertugas menjaga sapi dan kambing yang akan disembelih keesokan harinya.

Jadi pas banget, membuat tambahan menu selain kacang rebus dan kue nagasari. Kedua menu tersebut sudah diolah Mbokde sesuai resep saya. 


Mbokde juga membantu mengupaskan enthik, selebihnya saya yang mengeksekusi didampingi suami. Beliau penasaran dengan kegiatan saya untuk pertama kalinya.


Saking semangatnya, saya melupakan sakit otot di pangkal lengan kanan. Mungkin karena posisi tidur yang salah menyebabkan nyeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun