Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan lima antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren Bergabung di Kompasiana 20, Oktober 2020

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cara Membuat Terik Tahu Bumbu Putih, Menjadi Sajian Umami

8 September 2022   16:03 Diperbarui: 9 September 2022   15:37 234 23 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Terik Tahu Bumbu Putih. Dokumen yuliyanti

Kemarin lusa, Selasa 06 September 2022, saya memasak extra cepat  berbahan telur dan tahu berkuah santan. Kenapa saya bilang cepat? 

Karena dalam tahapan memasak hanya cemplung-cemplung berbarengan semua bahan. Tidak memakai tahapan demi tahapan seperti biasanya. Yaitu mendahulukan bahan yang semestinya didahulukan. 

Rencana mengolah sudah diagendakan sehari sebelumnya. Suami meminta dimasakin terik tahu telur puyuh kuah pedas.

Terik makanan tradisional dari Jawa Tengah ini menggunakan santan, berbumbu kuning dan gurih. Namun, dalam olahan saya sedikit berbeda. Tidak menambahkan kunyit dan ketumbar. Tapi bumbu putih. Yah, lodeh dong?

Bukan sayang...selain memberikan extra pedas, dalam resep ini saya menambahkan bumbu penyedap maggi seasoning cair yang memberikan rasa umami

Mungkin Anda penasaran dengan dengan bumbu maggi seasoning serta rasa umami. Berikut ulasannya.

Sebagaimana dilansir oleh www.maggi.id-Maggi Seasoning cair adalah bumbu penyedap cair yang terbuat dari fermentasi gandum pilihan dan tidak mengandung MSGSelengkapnya di sini.

Rasa Umami Seperti apa Sih?

Mengutip detikfood.com-Ada banyak cara mendeskripsikan rasa makanan seperti gurih, manis, pedas, tawar, asin, hingga pahit. Namun, beberapa makanan dinilai memiliki rasa yang kompleks. Sehingga sulit dikategorikan dalam salah satu rasa dasar yang sudah diketahui banyak orang.

Keju, miso, dan jamur adalah sebagian contohnya. Makanan ini disebut-sebut memiliki rasa umami. Kata 'umami' ditemukan oleh ahli kimia Jepang bernama Kikunae Ikeda tahun 1907. Dikutip dari Eat This (29/8), kala itu ia melihat lebih dalam pada komposisi molekular dashi. Selebihmya simak di sini.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan