Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan lima antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Resep Oseng Kacang Jaket Abang, Rasanya Bikin Ketagihan

4 Agustus 2021   09:25 Diperbarui: 4 Agustus 2021   09:39 113 16 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Resep Oseng Kacang Jaket Abang, Rasanya Bikin Ketagihan
Ilustrasi gambar oseng kacang panjang jaket abang, dokpri Yuliyanti

Oseng kacang Jaket Abang, Rasanya Bikin Ketagihan.

Selamat pagi Pembaca Kompasiana yang berbahagia. Apa kabarnya?

Saya doakan semoga selalu sehat dan terkabul segala hajat, aamiin.

Kangen rasanya dengan masakan satu ini, oseng atau tumisan kulit melinjo. Sebagian orang menyebutnya jaket abang (merah), karena warnanya cenderung merah.


Namun, ada sebagian orang yang  membuangnya karena berbagai alasan. Bahkan ada yang bilang, kalau menyatap serasa gatal di tenggorokan.

Benarkah? Kulit melinjo di tangan saya selalu menjad i olahan yang bikin kangen. Terkadang dimasak sebagai camouran sayur lodeh, goreng bumbu bawang, atau jadi tumisan.

Catatan dari SehatQ
Tidak sedikit orang yang membuang kulit melinjo ketika memakan biji-bijian yang satu ini. Apakah Anda salah satunya? Padahal, manfaat kulit melinjo bagi kesehatan tidak bisa diremehkan, bahkan sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Melinjo (Gnetum gnemon) adalah tanaman yang berasal dari Asia Pasifik dan Asia Barat, tetapi sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Sumatera.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Cancer Medicine, biji melinjo memiliki nilai gizi yang tinggi dan aman dikonsumsi. Biji melinjo kaya akan kandungan stilbenoid dimer, seperti gnetin C (GC) dan glukosida (gnemonosides A, C, dan D), dengan trans-piceid glukosida.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan