Mohon tunggu...
Yulia Ningum Putri Sujarwo
Yulia Ningum Putri Sujarwo Mohon Tunggu... Komunitas Blogger Jogjakarta (dan sekitarnya) yang menulis di Kompasiana

An old soul, Part time "traveller", heritage lover, history is my passion

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Pahami Kamera HP-mu Sebelum Eksekusi

16 Maret 2020   11:09 Diperbarui: 16 Maret 2020   11:15 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pahami Kamera HP-mu Sebelum Eksekusi
Rani , mentor kelas Kjog fotografi sedang menjelaskan materi. Dok pribadi

Pernah nggak sih kalian melihat dengan detail kemampuan fungsi kamera hp kalian? Pastinya saat kalian beli kamera hanya melihat merk dan besar megapixel kamera ya kan? Hehehe. Dunia teknologi kamera hp kini makin berkembang pesat seiring permintaan pasar akibat efek makin banyaknya orang yang mengakses sosial media. 

Djaman now gaes, bepergian kemanapun dan berbagai kegiatan apapun pasti tidak akan lepas dari jepretan kamera, baik kamera digital maupun kamera ponsel dan pasti tidak lupa untuk diposting ke sosial media hehehe.

Buat kalian yang eksis di Instagram atau di sosial media lainnya, tentunya foto yang di unggah harus memiliki nilai yang lebih dan terlihat tidak biasa. Semua itu tergantung kreatifitas kalian dan kalian juga harus selalu aktif di sosial media. Tak sedikit pula banyak orang upload foto produk untuk jualan di sosial media. 

Nah hari Minggu tanggal 8 Maret 2020, saya bersama mbak dan mas Kjog belajar bareng tentang memaksimalkan kamera hp agar hasilnya maksimal dan eksekusinya bagus bersama Rani Theresia salah seorang fotografer Jogja yang sudah berpengalaman.

Bertempat di Co- Working space Sleman City Hall, Rani memaparkan bahwa kita harus memahami kamera hp kita masing-masing dan menjelaskan fitur-fitur kamera seperti ; etting , shutter, focus, HDR, flash, Ultra Wide, Burst Image, Potraite, Night Mode, Macro dan Tele. Saat berlangsungnya kelas dan tanya jawab, ternyata ada hal yang menarik. Jadi tidak semua fitur yang disebutkan tadi ada karena setiap merk hp dan seri mempunyai fitur-fitur sendiri namun hampir mirip. Contohnya fitur antar hp android dan ios ternyata agak sedikit berbeda penyebutannya.

suasana kelas fotografi Kjog. Dok: Riana
suasana kelas fotografi Kjog. Dok: Riana
Selain kami dijelaskan tentang fitur-fitur kamera hp, Rani juga menjelaskan tentang komposisi sederhana dan sudut pandang contohnya ; rule of third atau grid dalam layar kamera hp, foto simetris, pattern + repetisi, eye angel, high angel, low angle, bird angle, dan frog eye. Sudut pandang pengambilan gambar ini juga sebenanrnya hampir mirip juga saat kelas video yang dibawakan monyo bulan lalu.

Setelah selesai penjelasan materi, kami pun bersiap hunting. Kami di beri waktu 30 menit untuk mengambil gambar sesuai materi dan 3 terbaik akan dikasih hadiah. Saya sih enggak dapet karena emang kurang hasilnya hahaha. No problem namanya juga belajar hehe. Acara berlangsung lancer dan saya pun nambah ilmu tentang fotografi foto karena saya termasuk cuek dalam beli hp yang penting megapixel oke gasss langsung beli.

sesi diskusi kelas Kjog tentang fotografi. Dok : Riana
sesi diskusi kelas Kjog tentang fotografi. Dok : Riana
Rani menjelaskan juga jika jangan membandingkan hasil kamera dari hp dengan kamera dslr karena jauh berbeda. Lalu jika memang kamera hp tidak memungkinkan bisa memfoto dalam kondisi gelap maka butuh tambahan lampu jadi sesuaikan dengan fitur yang ada. Selain itu perihal mengambil gambar dari jauh dan zoom out berlebihan tidak disarankan. Tipsnya ya kita harus maju berdesak-desakan untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

So gaes, semoga artikel ini bermanfaat dan kalian mulai memperhatikan fitur kamera hp kalian dengan baik dan kalau mau beli hp dengan kamera cantik pilih-pilih yang kece dan sesuaikan dengan budget ya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x