Mohon tunggu...
Yulia Sujarwo
Yulia Sujarwo Mohon Tunggu... Freelancer - History Enthusiast, host youtube channel @HistoricalInsight

history is my passion

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sate Ratu Jogja, Sate Anti "Mainstream" yang Lezat dan Digemari Lidah Mas-Mbak Bule

25 Agustus 2018   16:53 Diperbarui: 25 Agustus 2018   20:35 3479
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Food  is an art and science. Just enjoy the secret recipe then it makes you happy. So food is just not eating but also experience" -- selfquote

"Maknyuss dan juicy banget!", Itulah pertama kali yang terucap ketika saya menyantap Sate Ratu. Pria berkaos hitam dengan sorot mata yang agak tajam itu tersenyum lebar dan seraya berkata "terima kasih mbak". Pria tersebut adalah owner Sate Ratu yang bernama Fabian Budi Seputro. Jujur, saya senang sekali ketika berkesempatan mencicipi hidangan yang unik tersebut bersama kawan-kawan dari Kompasianer Jogja pada tanggal 18 Agustus 2018 yang lalu.

Gigitan pertama yang maknyuss itu berhasil membuat lidah  saya terkagum-kagum. Sate opo iki? Kemudian saya mencoba menerka-nerka bumbu apa saja sehingga membuat sate ini berbeda dari yang lain. Ketika saya bertanya kepada Pak Budi tentang bumbu apa saja yang membuat sate ini istimewa. Beliau malah bilang, "saya tantang mbak untuk menebak".

Fabian Budi Seputro, owner Sate Ratu. Dok : Riana Dewi
Fabian Budi Seputro, owner Sate Ratu. Dok : Riana Dewi
Welah dalah, saya semakin penasaran lalu mengunyah kembali dan menelan pelan-pelan dagingnya. Warung ini, membuat saya nyaman dan kembali menyantap sate sampai habis tak tersisa bahkan saya menghabiskan jatah nasi Mbak Riana kala itu. Nyam-nyam banget pokoknya.

Warung Sate Ratu yang berlokasi di Jogja Paradise Food Court, Jl Magelang KM 6 ini,  sebelumnya berada di depan dekat dengan tempat parkir kendaraan tetapi kemudian pindah ke bagian belakang pojok sendiri karena tempatnya yang lebih luas dan nyaman. 

Sampingya pun terdapat arena bermain utuk anak-anak yang cukup luas. Cocok dikunjungi beserta family. Warung ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam. Sate Ratu ini juga  melayani orderan melalui gojek/grab loh. Jadi mas mbak yang males keluar rumah atau kos bisa order lewat aplikasi go food dan grab food.

Well, sebelumnya saya tidak yakin ketika diajak Kompasianer Jogja ikut dolan kuliner ini karena saya tidak suka menyantap daging ayam. Bisa dibilang saya adalah seorang "half vegetarian". Tapi realitanya, saya malah ketagihan makan sate Ratu ini hingga saya tidak ingat sudah berapa tusuk sate yang saya santap hehe. Do you want to know more about Sate Ratu? Hingga membuat saya penasaran sampai detik ini ketika saya menulis tentang sate endes tersebut. Begini ceritanya.

Awal Mula Cerita tentang Sate Ratu

Sate Ratu yang mempunyai fans wisatawan mancanegara ini adalah bisnis kuliner yang didirikan oleh pasangan suami istri, Fabian Budi Seputro dan Maria Watampone pada bulan Juli 2015. Pada mulanya, warung ini berkonsep angkringan modern yang diberi nama Angkringan Ratu. Pemberian nama warung dengan kata "ratu" dipilih karena mengandung unsur tradisional jawa yang kental,  namun di sisi lain mempunyai makna kasta tertinggi yaitu makna premium.

Well, seperti yang kita ketahui. Jogjakarta sejak dari dahulu kala terkenal akan angkringan dan warung rakyat ini menawarkan sesuatu yang beda.  Murah memang harganya,  tapi tidak murahan dari kualitas makanannya.

Angkringan Ratu menjual menu dari hasil olahan sendiri, tidak ada yang titipan seperti angkringan kebanyakan di Yogyakarta. Kala itu ada sekitar 21 menu yang ditawarkan di Angkringan Ratu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun