Mohon tunggu...
yulia nabila
yulia nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Senang dengan tangangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Bisnis Lintas Budaya

7 Desember 2022   13:59 Diperbarui: 7 Desember 2022   14:00 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teman-teman sudah tau kan bahwa indonesia itu merupakan sebuah negara yang paling banyak ragam budaya dan bahasa, bagaimana kita bisa melakukan komunikasi dengan orang yang bahasa dan budayanya berbeda dari kita? Apalagi bagi seorang pebisnis kegiatan komunikasi merupakan hal yang paling mendasar yang harus dikuasai oleh mereka, karena dengan cara berkomunikasi mereka akan mengembangkan dan memperluas jaringan bisnis mereka agar lebih maju.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat berkomunikasi baik dengan seseorang yang budaya dan bahasanya berbeda dengan kita?  Berikut tipsnya. 

Tips pertama dari melakukan komunikasi lintas budaya adalah dengan melakukan riset dan mencari tahu soal etiket yang digunakan oleh rekan kerja lainnya.

Yang kedu ada sikap terbuka, Kamu tidak akan bisa melakukan komunikasi lintas budaya dengan efektif jika tidak mampu bersikap lebih terbuka.

Kemudian yang ketiga yaitu menjadi pendengar yang baik, kunci agar kita bisa melakukan komunikasi lintas budaya yang efektif adalah dengan menerapkan active listening.

Tips terakhir melakukan komunikasi lintas budaya yang efektif adalah dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Dengan adanya tips tersebut semoga membantu teman-teman yang kesulitan dalam mengkomunikasikan bisnis teman-teman dengan mereka yang berbeda jenis budaya dan bahasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun