Mohon tunggu...
Yulia Suci Lusiana
Yulia Suci Lusiana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Suka belajar hal baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi , Refleksi Hasil dan Dampak)

7 Desember 2022   10:35 Diperbarui: 7 Desember 2022   12:51 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berikut adalah contoh Best Practice bentuk tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan berdasarkan pada pengalaman penulis ketika mengikuti kegiatan PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022. 

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 Lokasi :  Jl. Sawir No. 9 , Kec. Tambakboyo, Kab. Tuban

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai :

  • Peserta didik mampu mengembangkan alternatif pilihan jurusan;
  • Peserta didik mampu mempertimbangkan kesesuaian pilihan jurusan dengan kemampuan, peluang dan tujuan setelah studi lanjut;
  • Peserta didik mampu menentukan alternatif pilihan jurusan di Perguruan Tinggi.

Penulis :  Yulia Suci Lusiana, S.Psi

Tanggal : 27 Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:

  • Dari hasil DCM diketahui bahwa peserta didik memiliki permasalahan pada aspek perencanaan masa depan (100%), diantaranya ada 10 % peserta didik yang bingung dalam menentukan pilihan jurusan kuliah bagi peserta didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.
  • Oleh karena itu, peserta didik perlu mendapatkan bimbingan tentang pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Dengan bimbingan diharapkan peserta didik memiliki wawasan pilihan jurusan di perguruan tinggi dan menentukan jurusan sesuai dengan potensi, peluang dan tujuan setelah lulus dari perguruan tinggi.
  • Peranan guru BK dalam kegiatan bimbingan adalah sebagai fasilitator dan membimbing peserta didik agar mau mencari informasi tentang jurusan di perguruan tinggi dan mempertimbangkan jurusan yang diminati .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun