Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Kegiatan Pameran Karya Siswa di Akhir Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

3 November 2022   20:53 Diperbarui: 4 November 2022   02:53 997
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penjaga stand pameran, dokumentasi Fabi

Pagi itu selepas upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 siswa kelas tujuh bergegas menuju aula. Sesuai arahan bapak dan ibu guru mereka segera duduk di aula sesuai barisan kelas masing-masing. Ya,  hari itu pembukaan Pameran Karya Siswa akan segera dilaksanakan. . 

Pameran Karya adalah acara puncak dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah kami yang mengambil tema "Aku Keren dengan 4R". Tujuan projek ini adalah menanamkan perlunya pelaksanaan 4R dalam pengelolaan sampah demi kelestarian lingkungan.

Projek berisikan berbagai kegiatan, di antaranya adalah pemberian materi tentang perlunya pengelolaan sampah,  pembuatan karya dari bahan-bahan yang tidak terpakai, outdoor learning dan yang terakhir adalah pameran karya.

Pelaksanaan projek disamping melibatkan para guru,  juga mengundang pemateri dari luar yaitu dari pelaku UMKM kota Malang.  Pemateri mengajak siswa belajar membuat karya dari bahan- bahan sederhana di sekitar kita.

Pembukaan pameran berjalan meriah. Pameran kali ini dihadiri oleh komite sekolah juga perwakilan paguyuban orang tua siswa.

Layaknya sebuah perayaan,  semua disiapkan dengan rapi. Penyambutan orang tua, penataan tempat pameran dan segala pernak-perniknya disiapkan oleh siswa, wali kelas juga tim projek sehari sebelumnya.

Pembukaan pameran, dokumentasi Fabi
Pembukaan pameran, dokumentasi Fabi
Lagu Profil Pelajar Pancasila dan Jangan Membuang Sampah  berkali-kali dinyanyikan para siswa dan guru.  Adanya pemandu gerak di tiap kelas membuat suasana begitu ceria.  Bahkan para orang tuapun ikut bertepuk tangan mengikuti nyanyian siswa.

Sesudah pembukaan,  siswa segera menuju kelas untuk bertugas sesuai job desc masing-masing.  Tak berapa lama tiap perwakilan paguyuban orang tua menyebar untuk menyaksikan pameran di tiap kelas.

Suasana kelas benar-benar berbeda dari biasanya.  Produk-produk pameran didisplay dengan apik di meja-meja yang sudah ditata sedemikian rupa.  Ada sekitar 5 produk yang dipamerkan di setiap kelas. 

Sesuai dengan tema,  pameran karya siswa berupa barang-barang hasil karya siswa dengan menerapkan prinsip 4R yaitu reduce,  reuse,  recycle dan replace. 

Karya siswa sederhana namun menarik dan bermanfaat.  Contoh "mekuren",  meja kursi keren yang dibuat dari ban bekas,  laci dari kardus,  lampu hias dari compact disc bekas,  lampu belajar dan banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun