Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Outdoor Learning, Sebuah Cara Asyik Belajar Mencintai Lingkungan

17 Oktober 2022   18:00 Diperbarui: 17 Oktober 2022   18:07 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Belajar Pengolahan biogas, dokumentasi pribadi B. Ahfi

Kamis pagi itu kota Malang sudah diguyur hujan sejak menjelang Subuh. Titik hujan turun meski tak begitu deras. Sekitar pukul setengah tujuh kurang di aula sudah tampak kesibukan yang nyata. Ya, hari itu rencananya kami akan melakukan outdoor learning ke Ecogreen Park  Batu.

Kegiatan outdoor learning ini adalah rangkaian dari pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang mengambil tema Aku Keren dengan 4R.

Tujuan utamanya adalah agar siswa lebih peduli pada masalah sampah di sekitar juga bagaimana menerapkan 4R (Reduce, Reuse, Recycle. Replace) dalam kehidupan sehari-hari.

Ecogreen Park,  dokumentasi Yuliana
Ecogreen Park,  dokumentasi Yuliana

Ecogreen Park terletak di jalam Oro oro Ombo Batu Malang. Tempat wisata itu dipilih karena jaraknya tak begitu jauh dari kota Malang dan di dalamnya menyajikan wisata dengan konsep edukasi, utamanya untuk mencintai lingkungan.

Checking peserta dilakukan oleh bapak ibu guru di aula. Sesudah checking dan presensi dari masing masing kelompok, siswa diajak turun untuk menuju truk masing-masing.

Siswa bersama guru pendamping,  dokumentasi Ahfi
Siswa bersama guru pendamping,  dokumentasi Ahfi

Hari itu yang berangkat mengikuti ODL adalah 295 siswa dan 21 guru pendamping. Semua berangkat  dengan naik 12 truk tentara dan satu mobil sekolah. Lancarnya acara ODL ini juga karena dukungan dari paguyuban sekolah.

Siap berangkat ODL , dokumentasi pribadi
Siap berangkat ODL , dokumentasi pribadi
Gerimis tidak mengurangi semangat peserta untuk mengikuti ODL. Sebelumnya peserta sudah diminta untuk membawa jas hujan, payung juga baju ganti untuk persiapan barangkali dibutuhkan.

Sekitar pukul setengah delapan rombongan berangkat dari sekolah. Siswa tampak begitu bersemangat. Bisa dipahami hampir dua tahun mereka tidak pernah melaksanakan kegiatan ODL.

Sampai di Ecogreen dilakukan pengecekan kembali dan pemasangan gelang masing-masing peserta. Gelang tersebut berfungsi sebagai tiket dan diperiksa di depan pintu masuk Ecogreen Park.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun