Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Screening, Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Siswa

10 Oktober 2022   21:00 Diperbarui: 11 Oktober 2022   17:58 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemeriksaan tensi saat screening kesehatan siswa, dokumentasi : UKS Bintaraloka

Hari itu suasana di sekitar perpustakaan dan UKS tidak seperti biasanya.  Kesibukan tim UKS sudah tampak sejak pagi.  Meja-meja di tata rapi bahkan sampai di area gazebo juga.

Ya,  hari itu  adalah pelaksanaan screening kesehatan untuk seluruh siswa kelas 7 di sekolah kami.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Screening Kesehatan

Program UKS dan 8 goal UKS, dokumentasi pribadi
Program UKS dan 8 goal UKS, dokumentasi pribadi
Usaha Kesehatan Sekolah adalah suatu wadah yang mengurus berbagai hal terkait dengan kesehatan masyarakat sekolah yaitu siswa, guru, kepala sekolah dan semua pegawai di sekolah.

Tujuan dari UKS adalah  meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan sehat sehingga murid dapat belajar, tumbuh dan berkembang sebagai sumber daya manusia yang berkualitas

Dalam kegiatan UKS dikenal 8 goal UKS.  Yang dimaksud dengan 8 goal UKS adalah  Generasi muda terbebas dari anemia, kecacingan, kenakalan remaja, kehamilan pra nikah, HIV/AIDS, narkoba, rokok, hepatitis B.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan UKS meliputi menolong siswa yang sakit,  membagikan vitamin atau zat besi, memberikan penyuluhan tentang kesehatan dan gaya hidup sehat, juga mengadakan screening kesehatan bersama Puskesmas terdekat.

Wawancara saat screening, dokumentasi UKS Bintaraloka
Wawancara saat screening, dokumentasi UKS Bintaraloka
Screening yang dilaksanakan UKS dan Puskesmas bertujuan untuk memeriksa kondisi kesehatan siswa, juga sebagai deteksi awal dari masalah kesehatan yang mungkin dialami siswa.

Apa saja yang diperiksa saat screening? Banyak. Termasuk di antaranya adalah pemeriksaan gizi yang meliputi tinggi badan dan berat badan, kebersihan diri yang meliputi kebersihan rambut,kuku dan kulit, kesehatan gigi,  kesehatan mata  yang meliputi visus mata dan tes buta warna, kesehatan reproduksi dan tensi.

Pemeriksaan gigi, dokumentasi UKS Bintaraloka
Pemeriksaan gigi, dokumentasi UKS Bintaraloka
Screening bisa dilakukan dengan pemeriksaan langsung atau wawancara. Dari hasil screening, puskesmas  memberikan feedback pada siswa untuk diberitahukan ke orang tua supaya segera periksa ke Puskesmas jika ada masalah dengan kesehatan siswa, seperti resiko hipertensi atau buta warna, gigi berlubang atau masalah kesehatan yang lain

Feedback dari hasil screening diharapkan ditanggapi secara positif oleh orang tua dengan membawa putera- puterinya ke Puskesmas untuk periksa ketika ada masalah kesehatan yang muncul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun