Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pionering, Kegiatan untuk Menanamkan Karakter Baik pada Siswa

27 Juli 2022   18:00 Diperbarui: 29 Juli 2022   07:52 1421 48 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembina pramuka mengajarkan simpul dan ikatan | Dokumentasi pribadi

Jam sudah menunjukkan pukul setengah empat sore. Banyak siswa sudah meninggalkan sekolah, namun demikian beberapa siswa masih tampak berkegiatan di lapangan. Ya, hari itu adalah jadwal siswa pramuka melaksanakan latihan.

Dalam latihan pramuka sore itu, tampak dengan sabar pembina menerangkan bagaimana cara membuat simpul, mengikat tongkat lalu merancang membentuk sebuah obyek tertentu. Siswa dengan antusias memperhatikan lalu mencoba sendiri sesuai dengan apa arahan kakak pembina.

Dengan sabar, cermat dan kerja sama yang bagus akhirnya sebuah obyek yang ukurannya lumayan besar dari rangkaian tongkat yang disambung dengan tali berdiri dengan kokoh sekaligus cantik. 

Ketika saya bertanya, rancangan apa itu. Ternyata pembina menerangkan bahwa mereka sedang membuat lambang Tut Wuri Handayani, dan kegiatan membuat rancangan obyek tersebut dinamakan pionering.

Rancangan lambang Tut Wuri Handayani | Dokumentasi pribadi
Rancangan lambang Tut Wuri Handayani | Dokumentasi pribadi

Usai latihan, seperti biasa pramuka meneriakkan yel-yel dan membuat formasi baris tertentu. Aha, pramuka selalu melakukan semua kegiatan dalam suasana riang gembira. 

Tentang Pionering

Membuat tandu P3K | Sumber gambar: IDN Scouts
Membuat tandu P3K | Sumber gambar: IDN Scouts

Pionering adalah salah satu teknik kepramukaan yang menggabungkan tongkat dengan bantuan tali untuk membentuk suatu objek bangunan (rangka).

Pionering adalah kegiatan yang sangat menarik dan selalu dijadikan salah satu nomor yang dilombakan dalam lomba pramuka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan