Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Pelajaran Kehidupan dari Materi Persamaan Garis Lurus

23 November 2021   21:26 Diperbarui: 24 November 2021   16:20 854 42 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi belajar persamaan garis lurus di matematika. Sumber: pxhere.com

Apakah materi matematika yang paling sulit di kelas 8? Jika ditanyakan pada siswa jawabannya biasanya hampir sama yaitu Persamaan Garis Lurus (PGL).Dalam proses pembelajaran materi PGL selalu memakan waktu yang lebih banyak dibanding materi yang lain. Jika materi yang lain bisa dihabiskan dalam waktu kira-kira 2-3 minggu, PGL bisa 4-5 minggu. Mengapa? Banyak rumus yang harus dihafal dan kadang bingung harus menggunakan rumus yang mana.

Tentang Materi Persamaan Garis Lurus

Garis hakekatnya adalah kumpulan titik-titik yang yang banyaknya tak terhingga dan posisinya saling berdampingan.

Persamaan Garis Lurus bisa dinyatakan dengan y= mx + c atau ax +by + c = 0

Ada banyak manfaat dari belajar materi PGL ini di antaranya adalah untuk menentukan nilai kemiringan suatu bangunan, menentukan hubungan antara jarak, waktu dan kecepatan, dan meramalkan harga suatu barang dalam kurun waktu tertentu.

Ada tiga rumus yang dipakai dalam pembelajaran PGL yaitu:

Rumus-rumus PGL, Sumber gambar :tangkapan layar pribadi
Rumus-rumus PGL, Sumber gambar :tangkapan layar pribadi
Karena banyak rumus itulah siswa biasanya menganggap materi ini sulit. Padahal rumus nomor 2 dan nomor 3 diperoleh dari rumus nomor satu yaitu gradien.Apakah gradien itu? Gradien adalah bilangan yang menunjukkan arah kemiringan dari sebuah garis lurus. Gradien dilambangkan dengan m yang diperoleh dari membandingkan komponen y dengan komponen x.

Untuk menentukan gradient sebuah garis cukup mengambil koordinat dua titik sembarang, lalu kita masukkan ke dalam rumus pertama.

Sumber gambar: tangkapan layar pribadi
Sumber gambar: tangkapan layar pribadi
Contoh: untuk mencari gradient garis pada gambar1 kita bisa  mengambil titik (0,0) dan (1,2),lalu memasukkannya ke dalam rumus. Diperoleh gradien garis tersebut adalah 2-0/1-0= 2.

Dengan cara yang sama, untuk menentukan gradient garis pada gambar kedua kita ambil titik (-1,3) dan (-2,6), dan diperoleh  gradiennya adalah 6-3 / -2-(-1)= -3

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan