Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kluwek, Kelezatan Menggoda di Balik Buah Beracun

5 November 2021   13:56 Diperbarui: 5 November 2021   14:48 710 43 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pangium edule, Sumber gambar: Cendana News

Kluwek bumbu rawon...

Dikuthek mlebu pawon...

Bagaimana rasanya menikmati hidangan rawon ditemani tempe goreng, mendol, telor asin ditambah dengan sambal? Pasti mak nyus rasanya. Apalagi dimakan pas perut lapar .. Subhanallah.. Nikmat mana lagi yang hendak kamu dustakan?

Sesudah peringatan Maulud Nabi kemarin kami makan nasi rawon bersama-sama. Siapa yang memasak? Kami saling berbagi tugas. Ada yang bertugas belanja, memasak nasi, membuat rawon, menggoreng tempe dan mendol serta membuat sambal. Semua pekerjaan dilakukan di rumah, di sekolah tinggal menghangatkan dan menyajikan.

Rawon, makanan khas Indonesia yang dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia di tahun 2020 ini memang sangat istimewa. Mengapa? Rawon diolah dengan beragam bumbu dan rempah.

Dalam hidangan rawon ada sedikitnya 11 bumbu di dalamnya. Ada bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, serai, kunyit, daun jeruk, salam, laos, kunyit dan.. kluwek
Rawon akan sangat terasa kelezatannya jika dimasak sehari sebelum dikonsumsi, karena bumbu-bumbunya meresap masuk ke dalam dagingnya.

Rawon, hidangan yang menggunakan kluwek sebagai bumbu, Sumber gambar: Tribunnews.com
Rawon, hidangan yang menggunakan kluwek sebagai bumbu, Sumber gambar: Tribunnews.com
Rawon mempunyai tampilan yang khas yaitu warnanya yang coklat kehitaman. Warna ini berasal dari kluwek yang menjadi salah satu bumbunya.

Tentang Kluwek

Kluwek atau kepayang adalah jenis biji tanaman yang berasal dari pohon kluwek, picung atau pucung (Sunda).

Pohon picung mirip dengan pohon randu. Bentuknya tinggi dengan buah yang bergelantungan dan siklus berbuah tiap 8-9 bulan.

Tanaman yang bernama ilmiah Pangium edule ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang sayang jika kita lewatkan begitu saja.
Selain memberi aroma khas pada makanan, kluwek juga mengandung zat besi, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalium dan kalsium.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan