Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Bagaimana Cara Mengajak Siswa Mencintai Toga?

21 Juni 2021   13:42 Diperbarui: 21 Juni 2021   15:48 121 23 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Mengajak Siswa Mencintai Toga?
Mencatat ciri-ciri dan manfaat tanaman, dokumentasi pribadi

Toga yang saya maksud di sini adalah tanaman obat keluarga. Sesuai dengan namanya tanaman obat adalah tanaman yang bagian bagiannya bisa dimanfaatkan untuk obat.  Bisa daunnya,  bunganya,  biji,  buah atau rimpangnya.

World Health Organization (WHO) mendefinisikan tanaman obat atau medicinal plants sebagai tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan dan merupakan bahan asli dalam pembuatan obat herbal (WHO, 1998)

Indonesia begitu kaya akan tanaman obat.  Dari 40.000 jenis tanaman obat yang 30.000 jenis  ada di Indonesia. Sungguh sayang jika orang Indonesia sendiri kurang memiliki pemahaman tentang tanaman obat. Masyarakat kita banyak yang mempunyai kebiasaan jika sakit menggunakan obat herbal dahulu,  baru jika penyakit agak membandel segera dibawa ke dokter.

Dalam usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan kecintaan siswa pada tanaman obat ,  maka  toga dimasukkan sebagai salah satu pokja di sekolah saya. 

 Sebagai sekolah adiwiyata,  di sekolah  ada banyak (pokja). Tiap pokja terdiri atas 40-50 siswa, dan dikoordinir 3 orang guru.  Ada pokja sampah,  daur ulang,  toga,  tanaman hias,  sanitasi,  masjid dan banyak lagi. 

Tiap pokja bertanggung jawab sesuai daerah kerja masing masing. 

Misal pokja masjid tugasnya menjaga lingkungan masjid agar tetap bersih dan rapi.  Pokja sanitasi bertugas menjaga lingkungan sekitar kamar mandi termasuk mengawasi ketersediaan teklek untuk ke kamar mandi,  juga sabun,  dan gayung.

Pada prinsipnya semua pokja bekerja bersama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih,  asri dan menyenangkan untuk pembelajaran. 

Saya tergabung dalam pokja toga.  Pokja ini mendapat tanggung jawab merawat taman toga yang ada di samping ruang guru.  Taman toga sekolah bentuknya memanjang dan semua tanaman diletakkan dalam pot.  Secara bergiliran tiap hari 5 anak mengecek kondisi tanaman , apakah perlu air ataukah perlu disiangi karena adanya tanaman liar.  Sebelum pandemi biasanya kegiatan ini dilakukan saat menjelang pulang.  Kira-kira 10 menit. 

Dengan pokja toga diharapkan pengetahuan siswa tentang toga akan terus bertambah dan pada akhirnya menimbulkan kecintaan mereka pada tanaman toga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x