Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Wajah "Pondok Ramadhan" di Era Pandemi

24 April 2021   05:04 Diperbarui: 24 April 2021   05:37 188 18 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wajah "Pondok Ramadhan" di Era Pandemi
Suasana Pondok Ramadhan di kelas, dokpri

"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.." (HR. Ahmad, An-Nasa'i dan Al-Baihaqi). 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan yang berlimpah dengan kebaikan.  Di dalamnya kita dianjurkan berlomba-lomba untuk melakukan amal kebajikan karena pahalanya dilipat gandakan. 

Buka,  sahur,  taddarus , tarawih adalah rutinitas di bulan Ramadhan. Betapa kasih dan sayangnya Allah pada manusia.  Hingga rutinitas seperti buka dan sahur yang sebenarnya untuk keperluan manusia sendiripun Allah menyediakan pahala di dalamnya.

Ada satu kegiatan rutin yang selalu dilakukan sekolah dari tahun ke tahun di bulan Ramadhan.  Pondok Ramadhan. Ya,  kegiatan yang sempat terhenti di tahun 2020 karena pandemi,  tahun ini dilaksanakan kembali diintegrasikan dalam uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa ini dilaksanakan selama lima hari.  Diawali tanggal 19 sampai dengan 23 April 2021 Pondok Ramadhan dilaksanakan secara bergantian.  Hari Senin kelas 9, Selasa dan Rabu kelas 8, selanjutnya Kamis dan Jum at  kelas 7.

Bagaimana wajah Pondok Ramadhan di era pandemi? Tentunya sangat berbeda dengan sebelumnya.   Jika sebelumnya Pondok Ramadhan juga mencakup kegiatan sholat berjamaah,  buka dan taraweh bersama ,kali ini tidak. Karena  kita masih dalam suasana pandemi maka harus tetap berhati-hati  dan kerumunan harus sedapat mungkin dihindari.

Suasana Pondok Ramadhan sebelum pandemi, dokpri
Suasana Pondok Ramadhan sebelum pandemi, dokpri

Pondok Ramadhan tahun ini berisi pemberian materi dalam bentuk video yang ditayangkan lewat LCD,  kemudian diulas oleh guru pendamping. Peyajian materi dilakukan secara sentral dipandu oleh tiga guru agama Islam dari sekretariat. Dalam hal ini peran tim IT sangat diperlukan, karena kadang-kadang ada trouble saat penayangan materi di kelas-kelas.

Guru agama menyajikan materi berupa video dari sekretariat, dokpri
Guru agama menyajikan materi berupa video dari sekretariat, dokpri

Pondok Ramadhan tetap dijalankan dengan aturan prokes yang ketat.  Pemeriksaan suhu tubuh,  cuci tangan,  pakai masker, jaga jarak wajib dilakukan oleh guru para peserta.

Pelaksanaan prokes, dokpri
Pelaksanaan prokes, dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN