Mohon tunggu...
Yuke wiranti
Yuke wiranti Mohon Tunggu... https://www.instagram.com/yukewiranti/

Mahasiswa Medan Juli

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Menggunakan Internet di Era Pandemik

1 Mei 2020   20:41 Diperbarui: 1 Mei 2020   20:48 24 0 0 Mohon Tunggu...

Banyak kasus yang mengabarkan mengenai Covid-19 di berbagai negara. Kasus ini dikhawatirkan akan terus bertambah karena banyaknya arus mudik masyarakat dalam menyambut lebaran mendatang ke kampung halaman masing-masing yg sudah menjadi  tradisi masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga.

Tak hanya dikarenakan oleh pemudik yang ingin berkumpul bersama keluarga saat lebaran, kebijakan pemerintah yaitu Social Distancing untuk memutus tali rantai penyebaran penyakit Covid-19  pun menjadi salah satu faktor penyebab membeludak nya arus mudik. Mereka beralasan karena pekerjaan mereka yang dihentikan sementara mengharuskan mereka untuk lebih memilih kembali ke kampung halamannya yaitu ke daerah-daerah asal, melihat biaya kehidupan di perantauan lebih besar sedangkan penghasilan tak lagi sama.

Penyakit Coronavirus 2019 ( COVID-19 ) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di Wuhan , ibu kota provinsi Hubei China, dan sejak itu menyebar secara global, mengakibatkan pandemi koronavirus 2019-20 yang sedang berlangsung. Pada 30 April 2020, lebih dari 3,2 juta kasus telah dilaporkan di 186 negara dan wilayah, yang mengakibatkan lebih dari 228.000 kematian . Lebih dari 985.000 orang telah pulih

Akibat Covid-19 yang terus merebak, semua sendi kehidupan menjadi berubah. Sejumlah kegiatan yang menyebabkan keramaian atau perkumpulan ditiadakan untuk mencegah penularan virus. Dalam berbagai media baik elektronik maupun cetak, pencegahan virus ini menjadi tranding topik berita internasional.

Riset operator telekomunikasi mengungkap bahwa penggunaan internet meningkat selama pandemi virus corona (COVID-19) diseluruh dunia. Kondisi ini seiring dengan adanya kebijakan social distancing atau bahkan lockdown total yang diterapkan beberapa negara. Masyarakat melakukan kegiatan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Sehingga kebutuhan akan internet juga terus meningkat.

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung antar satu jaringan dengan jaringan lainnya. Internet bisa menjadi penghibur sekaligus penghilang rasa bosan bagi kita yg sedang menjalani karantina dirumah atau socials Distancing pada masa Covid-19 ini. Semua bisa dilakukan berkat adanya internet.

Dalam penggunaan internet, banyak informasi yang tidak valid dan rentan untuk orang lain mengutak-atik akun pribadi nya di internet. Agar dapat terhindar dari hal tersebut, kita harus menggunakan internet dengan sehat dan penuh kehati-hatian. Dengan itu keamanan dalam menggunakan internet sangat rentan dengan keamanan yang masih rendah.
Nah demi kemanan penggunaan internet untuk privasi penggunanya, saya memiliki beberapa tips yang bisa diterapakan.

1.Pertama, sebisa mungkin hindari koneksi wifi gratis yang tersedia ditempat umum.  Wifi adalah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Dengan wifi kita dapat mengakses internet secara bebas dan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan data internet. Inilah yang menyebabkan kita gampang tergiur dengan adanya akses wifi gratis untuk lebih menghemat pemakaian kuota internet yang kita miliki. Namun pengaksesan wifi secara gratis ini kerap kali menimbulkan pembocoran data privasi kita oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Mereka dapat membobol data yang ada diperangkat kita dengan karena sudah terkasesnya perangkat kita dangan perangkat mereka melalui wifi dan digunakan untuk kepentingan mereka bahkan yang lebih serius nya lagi mereka dapat menjual data anda. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka sebisa mungkin hindarilah koneksi pada wifi gratis, sebab kita juga belum tau tingkat keamanan wifi gratis tersebut dan jika ingin mengoneksikan perangkat pada wifi pastikan wifi tersebut benar-benar jelas keamanannya..

2.Kedua, jangan beritahu orang lain mengenai kata sandi akun anda. Dengan memberi tahukan kata sandi ke orang lain membuat kemungkinan besar dapat mengambil alih akun anda.
3.Ketiga, cek sumber informasi yang anda dapat. Dengan ini anda dapat menyaring berbagai informasi dengan akun yang resmi pemerintah
4.Keempat, gunakan bahasa yang baik jika ingin membagikan sesuatu. Sudah sepatutnya kita menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung perasaan orang lain 

5. terkahir, promosikan sesuatu yang bermanfaat. Dengan kita membuat sesuatu yang bermanfaat sama saja dengan kita tetap produktif ketika situasi pandemik yang menyebar di wilayah Indonesia,da negara lain.

Dengan beberapa tips di atas semoga bisa menjadikan kita tetap selalu waspada dalam menggunakan internet untuk berbagai kegiatan yang harus dipenuhi pada situasi Covid-19 (pandemik) . Dan semoga dengan kita yang di haruskan di rumah selalu memanfaatkan pengetahuan dan mengambil hikmah dari musibah ini semoga kita semua senantiasa bisa memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin dan untuk para hacker jangan menyusahkan untuk keadaan dikala pandemik ini. Covid-19 akan berakhir dan semua akan seperti sedia kala aamiin allahumma aamiin. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x