Mohon tunggu...
Yuhana Kusumaningrum
Yuhana Kusumaningrum Mohon Tunggu... Manusia

Tamu di Bumi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Indekos Murah

24 Januari 2019   19:50 Diperbarui: 24 Januari 2019   19:55 0 0 0 Mohon Tunggu...

Tepat di depan kamar kost kami yang murah harga sewanya, berjarak sekitar sepuluh meter, berdiri sebuah tiang. Tiang besi yang telah berkarat. Namun tampak masih kokoh.

Pemilik kost kami, seorang bapak tua pendiam yang tinggal seorang diri dibangunan rumah utama, setiap malam selalu menyempatkan diri untuk berdiri sejenak di depan tiang itu. Merenung. Lalu setelah itu kembali masuk ke dalam rumah. 

Tia  -- teman sekamarku -- bilang, katanya dia pernah lihat Bapak Kost menangis. Bahunya naik turun seperti sedang terisak-isak. Tak tahu apa yang ditangisinya.

Sebenarnya kami penasaran soal tiang misterius yang posisinya aneh dan seolah tak ada fungsinya itu. Tetapi akhirnya kami putuskan untuk mengabaikannya saja. Toh kami sudah cukup beruntung mendapatkan kamar kost dengan harga murah yang boleh kami tempati sekamar berdua tanpa biaya tambahan.

Suatu hari, Bapak Kost jatuh sakit. Beliau tiba-tiba terjatuh di halaman rumah, dan langsung tak sadarkan diri. Sore hari saat kami pulang kuliah, tetangga sekitar memberitahukan kepada kami tentang kejadian tersebut dan menginformasikan lokasi rumah sakit dimana Bapak Kost dirawat.

Esok paginya, kami berencana untuk menjenguk Bapak Kost ke rumah sakit. Namun baru saja kami keluar dari kamar, seorang tetangga datang dan memberi kabar. 

Bapak Kost meninggal. Gagal jantung, katanya.

Aku dan Tia merasa terkejut dan juga sedih, meskipun kami tidak begitu akrab dengan beliau. Baru tiga bulan kami kost disini. Itupun yang dua bulan belum kami bayar karena keterlambatan pengiriman uang dari orang tua di kampung.

Setelah selesai pemakaman, tetangga menyarankan kepada kami untuk mencari tempat kost lain. Karena rumah ini akan dijual oleh keluarga jauh mendiang Bapak Kost. 

 

                                      ~o0o~

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
KONTEN MENARIK LAINNYA
x