Mohon tunggu...
Rizal De Loesie
Rizal De Loesie Mohon Tunggu... Administrasi - Seorang Lelaki Penyuka Senja

Rizal De Loesie, Terkadang Rizal De Nasution dari Nama asli Yufrizal mengalir darah Minang dan Tapanuli. Seorang Lelaki yang sering tersesat di rimba kata

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Implementasi Transformasi Literasi Kurikulum Merdeka

14 September 2022   09:41 Diperbarui: 14 September 2022   09:55 339 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Implementasi Transformasi Literasi Kurikulum Merdeka

Oleh : Drs. Yufrizal, MM

Pamong Belajar Ahli Madya

SKB Kota Bandung

Pendahuluan

Menurut Gerakan Nasional Revolusi mental ada Enam dampak dari rendahnya budaya literasi adalah kurangnya pengetahuan, meluasnya kemiskinan, tingginya angka putus sekolah, meningkatnya angka kriminalitas, rendahnya produktivitas kerja dan rentannya seseorang dalam menyikapi informasi.

Dari sisi lain, kata literasi sudah sangat menggaung di tengah masyarakat, baik dikalangan dunia pendidikan maupun secara global. Literas menjadi ikon dalam gerakan-gerakan kebijakan pendidikan dari usia dini sampai ke masyarakat awam.

 Kata literasi sangat familiar, sehingga dalam kurikulum merdeka yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi juga mendasarkan Transformasi literasi melalui Merdeka Belajar. Bahkan dalam Perngatan Hari Aksara Internasional yang digelar di Lombok tanggal 8 September 2022 juga bertema Transformasi Literasi Dalam Kontek  Merdeka Belajar.

Pentingnya proses pendidikan mengimplementasikan literasi menuntut kepada para pendidik dan pengambil kebijakan di pendidikan untuk memiliki pemahaman konsep yang benar terhadap implementasi literasi. Bukan sekedar istilah literasi yang di pajang dan ditulis di dinding-dinding sekolah.

Faktanya, pemahaman terhadap literasi itu sendiri masih sangat dangkal, bahkan ada yang menganggap literasi itu membangun pohon literasi di dinding kelas, membuat pojok baca dengan beberapa buku yang tersusun tanpa boleh disentuh.

Jika literasi merupakan suatu strategi atau kemasan dalam mewujudkan Merdeka Belajar sesuai dengan kebijakan pemerintah tentu banyak elemen yang perlu memahami dan mampu mengimplementasikan cara dan gaya mengajar yang nantinya mampu menghasilkan generasi muda yang handal. Memiliki karakater pancasilais dan menguasai cara berpikir kristis dan tentunya mengusai dunia digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan