Mohon tunggu...
Yudi Minda
Yudi Minda Mohon Tunggu... Penulis - Marketer | Minda Art Production

Digital Marketer at Minda Art https://www.mindastudio.com WA.me/62811661160 (Chat Only)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Cara Menjaga Mood Semangat Menulis yang Efektif untuk Pemula

5 Desember 2022   11:08 Diperbarui: 7 Desember 2022   09:39 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Wirtoyo.com

Cita-cita saya sejak kecil adalah menjadi wartawan/journalis. Hal itu muncul dibenak saya setelah membaca buku yang mengisahkan tentang seorang loper koran yang tak mengenyam pendidikan - berhasil menjadi wartawan.

Namun pada perjalanan hidup saya, kurangnya konsen di bidang penulisan ini, disebabkan karena merambah ke bidang lain kesehatan, ekonomi, jadi tidak fokus di bidang kepenulisan.

Hanya pernah mengikuti kursus penulisan non fiksi, bukan jaminan langsung bisa jadi penulis.

Perjalanan hidup mengarahkan saya ke dunia jurnalistik wedding, liput wedding sana sini dan itu juga tidak berbekal ilmu akademik yang memadai. Hanya berjalan begitu saja, bak air yang mengalir mengikuti alur jalan bebatuan dan tanah yang ada. Tapi kegiatan ini telah menjadi profesi dan mata pencaharian utama untuk menghidupi keluarga.

Keuntungan punya hobi menulis, pofesi atau usaha itu sangat terbantu dengan adanya blog yang menjaring konsumen. padahal blog kurang terurus, karena kesibukan dan berbagai alasan yang menunda kegiatan menulis.

Selain itu juga ikut program kemitraan Google dengan Adsense. Namun semua itu belum maksimal, karena prakteknya sangat sulit untuk konsisten menulis di blog pribadi yang cukup banyak, sekarang ada beberapa tapi masih cukup banyak juga sebenarnya, sekitar 20-an lebih ...

Setelah pandemi berlalu, akhirnya saya memutuskan untuk kembali fokus menulis dan lebih mengoptimalkan situs web usaha. yang sebelumnya kurang teroptimasi karena disibukkan bermacam kegiatan offline dan online lain yang cukup menyibukkan. Hari ini dan seterusnya semoga bisa menulis, dan publish rutin. Tiada hari tanpa menulis dan update Web.

Seperti seorang wartawan yang siang harinya mencari bahan, petangnya mereka menyusun bahan itu untuk dijadikan artikel atau berita berita. Malamnya cetak, pagi sudah beredar koran berita kemarin ... 

Dunia pers hari ini sudah semakin up to date, lebih cepat update dengan adanya platform online. Dan sedikit demi sedikit menggeser harian mingguan bulanan edisi bercetak.

Dan saya bertekad seperti itulah kegiatan menulis saya, jangan kalah sama mereka ... walau tidak bekerja di media, bersyukurnya sudah punya media sendiri ... MINDA ART

Cara Jitu Menjaga Semangat atau Mood Menulis yang Efektif untuk Pemula

Cara Menjaga Semangat, Motivasi atau Spirit Menulis yang Efektif untuk Pemula menurut saya ada 5

1. Tanamkan Niat Tekad serta Passion yang Kuat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun