Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Biden, Xi Jinping dan Putin Akan Bertemu di Bali G20 Nopember 2022

19 Agustus 2022   18:17 Diperbarui: 19 Agustus 2022   18:29 191 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Presiden Indonesia dan Putin memasuki aula konferensi pers pertemuan di Moskow,30 Jun2022. | EPA/ALEXANDER ZEMLIANICHENKO/AP POOL/ POOL/TASS

Usaha Indonesia menyatukan Forum G20 tampaknya bisa jadi kenyataan. Perjalanan Jokowi ke Ukraina dan Rusia serta pendekatan ke Barat mungkin  berhasil dengan baik kalau melihat  rencana pemimpin Barat,Rusia dan China akan hadir di Bali. 

Berita  positif hari ini  19/08/2022 RIA Novosti, mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin memastikan rencananya  untuk menghadiri langsung KTT G20 November  di Bali.

Sehari sebelumnya, Putin, seperti dilansir layanan pers Kremlin, telah berbicara melalui telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Menurut rilis Kremlin, Kedua pemimpin itu menyinggung tentang ketahanan pangan dan persiapan G20 di Bali Nopember mendatang. 

Duta Besar Indonesia untuk Rusia Jose Tavares mengatakan kepada RIA Novosti bahwa Kyiv tidak meminta Jakarta untuk mengadakan pertemuan antara Putin dan Zelensky di  KTT, tapi  pihak tuan rumah siap untuk mengatur negosiasi jika kedua pihak sepakat. 

Pembantu presiden Rusia Yuri Ushakov mengatakan bahwa format partisipasi akan ditentukan segera sebelum perjalanan Putin ke Bali. 

KTT G20  di Bali pada 15-16 November. Amerika Serikat dan Kanada mengusulkan
"mengecualikan" Rusia dari KTT G20 Bali. 

 Untuk itu Indonesia telah berkompromi dengan Barat, juga mengundang Ukraina meski tidak termasuk dalam G20 tapi bisa hadir sebagai tamu .

“....Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga telah memberi tahu saya..,” kata Jokowi kepada Bloomberg setelah pembicaraan telepon dengan Presiden Vladimir Putin

Jika semuanya mulus saja, Indonesia bisa bernafas lega karena sudah bisa berhasil

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan