Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Pilihan

Mengundang Zelensky dan Putin Langsung Belum Cukup, Juga Biden dan Barat Secara Khusus

6 Juli 2022   06:50 Diperbarui: 6 Juli 2022   06:52 104 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pertemuan Putin-Jokowi dan presiden akrab beda dengan negara lain (twitter.com/MurtadhaOne1/) via suara.com

Saat ini Pimpinan G20 dipegang Indonesia dengan tema " Recover Together, Recover  Stronger" atau "Pulih Bersama, Bangkit Lebih Kuat,"

Tema ini  adalah juga semangat bagi Indonesia yang bisa  mengandung arti yang dalam ditengah tengah krisis ekonomi dan politik dunia saat ini. 

Jakarta juga telah menetapkan tiga pilar untuk kepresidenan G-20. Pilar  tersebut adalah kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital.

Indonesia telah berdiri ditengah, Jokowi telah berbuat untuk mendamaikan kedua pihak yang bertikai dengan mengundang  dan mengunjungi langsung Zelensky Presden Ukraina dan Putin Presiden Rusia.

Dalam Negeri dan juga luar negeri pihak pihak yang condong ke Rusia menyambut baik hal ini.Amerika Serikat dan beberapa sekutunya anggota G20 belum tentu. Indonesia juga harus  memastikan  Presiden AS Joe Biden  untuk hadir. 

Amerika Serikat telah mengkonfirmasi kekecewaannya terhadap undangan kepada Rusia meski menyambut baik undangan untuk Ukraina.

“Pemahaman kami,   bahwa kami tidak berpikir mereka [Rusia] harus menjadi bagian darinya," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki, mengenai undangan kepada Rusia.

“.... kita berbicara tentang pemulihan ekonomi global, ada dua faktor penting saat ini: COVID-19 dan perang di Ukraina,” kata Jokowi  menguraikan alasan undangannya ke Zelensky Presiden Ukraiuna.


“Indonesia ingin menyatukan G-20,” kata Widodo. "Perdamaian dan stabilitas adalah kunci pemulihan dan pertumbuhan ekonomi global."

Muluskah usaha Jokowi ? Belum sama sekali.

 Zelensky mengatakan kehadirannya tergantung situasi apakah Putin hadir atau tidak. Artinya mungkin kalau Putin hadir, Zelensky tidak mau datang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan