Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Novel: Ben dan Kisah Besarnya (7)

24 Juni 2022   14:31 Diperbarui: 9 Juli 2022   13:27 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisah Ben adalah Kisah tentang Amerika. Dok./Ilustrasi desygner. 

Dirumah, Ben membaca buku. Ia belajar sendiri membaca karena sangat ingin mengetahui hal hal yang baru dalam buku.

Ayahnya melihat kemauan keras Ben dan merasa kagum karena Ben sudah bisa membaca. Bukan itu saja, dia sudah menjadi kutubuku. Seorang anak yang cuma dua tahun  di sekolah rendah belajar sendiri.
"Kau suka belajar sendiri, itu bagus," puji ayahnya.
"Aku juga dulu tidak sekolah. Tapi aku belajar banyak keahlian ," kata Jos Franklin.

Ia menatap putranya itu dengan sedikit tanda tanya. 

"Bagaimana pekerjaan kamu ?"
"Aku sudah belajar banyak, dari tukang batu atau kayu, tidak ada yang istimewa, " jawab Ben bosan. 

"Ada lagi kepandaian bagus dan sangat berguna." Ayahnya  berbicara.

"Pekerjaan apa itu ?"
"Seni mengasah besi, potong memotong, memperbaiki mesin, " ujar ayahnya .

"Itu cocok bagimu,mengenal mesin dan teknik mesin potong." 

"Itu boleh juga," jawab Ben sedikit ragu. 

"Kau bisa trampil tanpa sekolah, aku akan membuat kamu pandai dengan membawa kamu ke sepupuku."

Setelah pembicaraan itu, besoknya mereka pergi menemui sepupu ayahnya. Disebuah bangunan cukup besar mereka berhenti.

"Hallo Samuel, " segera bertemu ayahnya menyapa sepupunya dengan ceria.
"Halo juga brother, apa kabarmu?"
"Aku baik-baik saja," jawab ayahnya membalas sapaan Samuel Franklin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun