Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari Pekerja Medis ke Asuransi, dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Komputer Kuantum, Cina dan AS Berlomba untuk Teratas

10 April 2022   20:25 Diperbarui: 10 April 2022   20:44 230 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Quantum Science and Engenering Center Singapura dipimpin oleh Prof Kwek Leong Chuan di Nanyang University. FOTO : Univ. Teknologi Nanyang. 

Komputer Quantum sedang naik daun. Amerika Serikat memimpin diikuti Cina. Supremasi AS membuat negara ini menjatuhkan sanksi kepada pesaing.

Perusahaan perusahaan di AS, Rusia, Pakistan, Jepang, dan Singapura yang bergerak dalam pengembangan kuantum di kenakan sanksi.

Perusahaan ini dituduh membantu memajukan dan mendistribusikan teknologi komputasi kuantum ke program senjata militer dan nuklir.

“Sanksi ini akan membantu mencegah pengalihan teknologi AS ke kemajuan militer Cina dan Rusia dan kegiatan yang tidak terkait dengan proliferasi  nuklir dan juga Pakistan yang tidak dijaga pada program rudal balistiknya ,"  kata Menteri Perdagangan AS Gina M. Raimondo dalam  siaran persnya akhir November 2021. 

Corad Technology Pte Ltd. Singapura termasuk didalamnya. Terbanyak perusahaan Cina, disusul Pakistan.

Sanksi  Departemen Perdagangan AS sebelumnya memberikan sanksi kepada  delapan organisasi superkomputer Cina  yang diklaim AS membantu Cina memajukan program militernya.

Sementara teknologi telah dalam penelitian dan pengembangan selama beberapa dekade, komputer kuantum fungsional pertama mulai beroperasi di  AS ,  Jepang , dan  Cina dalam beberapa tahun terakhir.

Para ahli memperkirakan perlombaan senjata era baru di antara negara-negara top dunia untuk mendapatkan akses ke sistem kuantum paling canggih untuk aplikasi militer dan luar angkasa.

Pemerintah Cina  telah mendorong sektor teknologi lokalnya untuk " swasembada dan pemberdayaan diri " dalam langkah yang jelas untuk mengisolasi sektor teknologi dan rantai pasokannya dari AS dalam apa yang tampaknya berkembang menjadi Perang Dingin teknologi baru.

Akan tiba waktunya hari Q-day atau hari komputer Quantum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan