Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Sales - Engineer, Marketer and Story Teller

Movie Enthusiast KOMIK 2020 | Menulis seputar Worklife, Movie and Hobby

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Bagaimana Saya Mengenal Digital Marketing dan "Terjebak" di Dalamnya

14 September 2021   07:43 Diperbarui: 15 September 2021   13:06 2039
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi | Source :unsplash.com

Apa itu digital marketing ?

Pertama kali saya mengetahui digital marketing adalah di tahun 2019 dari senior saya yang Bernama Yunan, beliau ini punya usaha coffeshop di Semarang dan menerapkan ilmu digital marketing untuk bisa memasarkan produk kopinya sebelumnya coffeshopnya punya toko fisik sendiri dan dia masih menjadi karyawan di Jakarta.

Pemahaman saya sebelumnya, digital marketing itu hanya sebatas membuat akun sosial media untuk bisa mempromosikan barang-barang yang akan kita jual, tapi ternyata ruang lingkup digital marketing ini lebih luas, bisa meliputi SEO (Search Engine Optimatization,) SEM (Search Engine Marketing) Paid Promote dan lainnya.

Ilustrasi | source : unsplash.com
Ilustrasi | source : unsplash.com

Digital marketing menjadi lebih efisien dalam menjangkau calon konsumen dibanding cara marketing biasa yang dilakukan secara langsung, digital marketing juga bisa dibilang lebih minim biaya.

Penjelasan saya mengenai digital marketing ini mungkin tidak begitu detail, lebih detailnya mengenai digital marketing bisa anda baca dari artikel "Pahami Perbedaan Marketing Tradisional dan Digital Sebelum Menentukan Strategi Bisnis" dari Kompasianer yang sudah sangat expert mengenai digital marketing Deddy Huang.

Bertemu dengan Para Digital Marketer.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, karena dinilai lebih efektif banyak bisnis yang sudah menerapkan digital marketing, selain coffeshop milik Yunan beberapa toko herbal di Semarang juga sudah menggunakan digital marketing.

Beruntung saya bisa berkesempatan untuk bertemu para digital marketer dari toko-toko herbal tersebut, karena mereka sering kongkow di coffeshop Yunan, sehingga saya bisa mendapatkan gambaran yang lebih lanjut mengenai digital marketing.

Dari penjelasan mereka mengenai digital marketing ini, saya menemukan benang merah dengan apa yang merupakan kegemaran saya yaitu menulis konten., karena konten yang menarik akan mengundang banyak pembeli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun