Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Superhero geek

Merangkai coretan jadi tulisan dengan bantuan kopi

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengulas Manga dan Anime, Mahasiswa Ini dapat Jutaan Rupiah dari Kompasiana

14 Juni 2021   14:23 Diperbarui: 14 Juni 2021   14:27 216 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengulas Manga dan Anime, Mahasiswa Ini dapat Jutaan Rupiah dari Kompasiana
Ilustrasi | source : freepik.com

Namanya Steven Chaniago.

Saya memang belum pernah bertemu langsung dengan beliau, tapi saya adalah salah satu pembaca setia tulisan pria asal Palembang ini di Kompasiana.

Tulisan pria yang saat ini berstatus mahasiswa di President University, Cikarang, Jawa Barat ini, memiliki warna yang berbeda dengan tulisan di Kompasiana lainnya, Steven menuliskan mengenai anime dan manga yang saat ini sedang populer.

Jika anda para kompasianer dan pembaca kompasiana sejak lama, pasti sudah  mengetahui jika tulisan mengenai anime dan manga baru populer belakangan ini, sebelumnya banyak tulisan di kompasiana adalah mengenai humaniora, karir, opini dan politik (topik yang paling populer di masa lalu).

Ragu Menulis Anime & Manga di Kompasiana.

Di tahun 2016, Saat saya awal menulis di kompasiana, sayaragu untuk menulis mengenai anime dan manga, karena hampir tidak ada yang menuliskan mengenai hal tersebut, alih-alih menulis manga dan anime, saya lebih memilih menulis mengenai komik superhero dari Amerika seperti Marvel dan DC, karena saya melihat artikel yang membahas hal superhero cukup banyak diminati.

Tulisan mengenai superhero bisa dibilang cukup populer, karena banyaknya film Marvel dam DC yang rilis di bioskop, tapi tetap saja kepopuleran dari tulisan mengenai politik tetap menjadi artikel yang paling banyak dibaca di kompasiana.

Namun perlahan muncul artikel dengan topik lain yang mulai menggesar aritikel yang mengulas kacut marunya politik di negeri kita ini,  topik yang diulas mengenai artikel itu adalah mengenai manga dan anime, topi yang dulunya kurang diminati di Kompasiana.

Kolom trending yang dulunya didominasi artikel politik, perlahan berganti dengan artikel-artikel yang mengulas mengenai anime dan manga, dan nama kompasianer yang paling sering muncul di kolom trending tersebut adalah Steven Chaniago.

Laman Kompasiana Steven | Dok. Tangkapan Layar Pribadi 
Laman Kompasiana Steven | Dok. Tangkapan Layar Pribadi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN