Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Tahun Pertama Jokowi-Ma'ruf Berat, Tahun-Tahun Berikutnya (Mungkin) Lebih Berat

24 Oktober 2020   09:47 Diperbarui: 24 Oktober 2020   09:50 99 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahun Pertama Jokowi-Ma'ruf Berat, Tahun-Tahun Berikutnya (Mungkin) Lebih Berat
Source : merdeka.com/Iqbal S Nugroho

"Selama satu tahun ini, pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Indonesia menghadapi banyak tantangan" Ungkap Puan Maharani, Ketua DPR RI pada (20/10).

Tantangan ini semakin berat dengan adanya pandemi covid-19. Tak hanya bidang kesehatan yang terkena dampaknya, bidang  sosial dan ekonomi juga  mengalami keterpurukan karena adanya  pandemi ini.

Usaha Pemerintah.

Pemerintah sebenarnya tidak tinggal diam dalam menghadapi permasalahan global ini. Adanya satgas penangan Covid-19, dan banyaknya dilakukan rapid test dan swab test untuk mengetahui  seberapa banyak masyarakat yang sudah terkonfirmasi positif covid-19, adalah bentuk usaha keras pemerintah.

Selain di bidang kesehatan tersebut, pemerintah di era kepemimpinan  Jokowi-Ma'ruf juga telah berupaya dalam bidang sosial dan ekonomi. Ada  banyak bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat yang terdampak covid-19, jangan lupa pula ada program  sakti, kartu pra kerja yang digadang-gadang akan banyak menyelesaikan permasalahan masyarakat, namun ternyata menuai berbagai polemik.

Baca : (Tidak) Berharap Pada Kartu Prakerja.

Tingkat Kepercayaan yang Turun.

Sangat disayangkan, usaha Jokowi-Ma'ruf untuk melawan berbagai tantangan yang berat ini, malah tidak diapresiasi oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan hasil survey dari litbang kompas yang mendapatkan hasil jika 52,5% masyarakat tidak puas dengan periode kedua pemerintahan presiden Jokowi.

Sejatinya tanpa perlu melihat hasil survey tersebut, kita bisa melihat fakta dilapangan, dimana ada banyak demonstrasi besar yang dilakukan belakangan ini.

Demonstrasi panjang yang dilakukan untuk menolak UU Ciptakerja atau omnibus law yang terjadi, menjadi bukti nyata, betapa masyarakat tidak mendukung pemerintahan pimpinan Jokowi-Ma'ruf.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN